Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Sep 2019 16:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mobil Tua Tidak Punah di Banyuwangi

Ardian Fanani
detikTravel
Foto: (Ardian Fanani/detikTravel)
Foto: (Ardian Fanani/detikTravel)
Banyuwangi - Selalu ada yang baru dan menarik di Banyuwangi. Seperti, kamu bisa keliling destinasi wisata di sana naik mobil tua klasik nan unik.

Berkeliling dan berwisata Banyuwangi tak hanya dilakukan dengan kendaraan pada umumnya. Namun bisa juga dengan mobil tua. Perkumpulan mobil tua di Banyuwangi menyediakan rental mobil tua, sekaligus dengan fasilitas liburan yang tentunya akan membuat kesan tersendiri berkeliling di beberapa destinasi wisata di Banyuwangi. Unik ya?

Pilihan alternatif bagi wisatawan yang ingin berkeliling ke sejumlah destinasi bisa menaiki mobil-mobil kuno klasik. Ini bukan mobil kuno sembarangan, mobil jenis Volkswagen (VW) ini bisa menambah sensasi dan pengalaman tersendiri untuk berwisata.

Ada 3 macam jenis WV yang disewakan. Antara lain, VW Kodok, VW Safari dan WV Combi. Mobil kuno yang disulap menjadi kendaraan pariwisata ini bisa digunakan para wisatawan untuk berkeliling ke beberapa destinasi wisata di Banyuwangi, Jawa Timur.

Mobil Tua Tidak Punah di BanyuwangiFoto: (Ardian Fanani/detikTravel)


Pemilik mobil kuno ini sengaja menyewakan mobilnya digunakan berkeliling ke beberapa destinasi di Banyuwangi tidak lain untuk memperkenalkan mobil kuno kepada para wisatawan. Selain bisa memberikan pengalaman dan sensasi tersendiri dengan adanya fasilitas penyewaan mobil kuno ini diharapkan bisa menambah pendapatan asli daerah Kabupaten Banyuwangi.

"Kami kumpul dengan kawan-kawan ini dalam dunia otomotif kendaraan klasik. Kehadiran kita bagaimana mampu menunjang pariwisata di Banyuwangi. Makanya kita sulap mobil tua ini sebagai sarana berlibur di Banyuwangi," ujar Henry Kuspratondo, ketua perkumpulan mobil tua Wolkswagen kepada detikcom, Minggu (8/9/2019).

Ada beberapa destinasi wisata yang ditawarkan. Untuk di wilayah kota Banyuwangi, kata Henri, pihaknya menawarkan city tour yang meliputi Klenteng Hoo Tong Bio, Taman Blambangan, Pantai Boom, Inggrisan dan Pendopo Banyuwangi. Untuk wilayah utara, mereka menawarkan destinasi Baluran, Waduk Bajulmati dan Bangsring Underwater.

"Sementara di wilayah Selatan ada Pulau Merah, Djawatan dan beberapa destinasi menarik lainnya. Yang pasti mobilnya orisinil tua, kondisinya sehat. Silahkan pilih, kodok, safari atau combi," tambah Henry.

Mobil Tua Tidak Punah di BanyuwangiFoto: (Ardian Fanani/detikTravel)


Menurut Henry, di Banyuwangi ada sekitar 22 buah mobil tua klasik Wolkswagen. Sebagian bisa menjadi tunggangan saat akan berkeliling di Banyuwangi. Untuk tarif harga menyesuaikan dengan tujuan trip wisata di Banyuwangi.

"Kami membuka harga Rp 400 ribu hingga Rp 1,5 juta. Tergantung trip mana yang akan dipilih," pungkasnya.

BACA JUGA: Rowo Bayu, Desa Penari dan Festival Hari Jadi Banyuwangi

Berkeliling dengan mobil tua rupanya memberikan sensasi tersendiri. Bagi mereka yang menggunakan VW Safari, bagian atap mobil ini bisa dibuka. Sehingga wisatawan bisa menikmati udara segar saat berjalan.

Selain bisa menikmati udara sejuk, wisatawan juga bisa berselfie selama perjalanan dan bisa berhenti sejenak di spot-spot foto yang disukai. Meski baru berjalan beberapa bulan, wisata menaiki mobil kuno ini mendapat apresiasi dari masyarakat dan wisatawan.

"Baru pertama kali keliling naik mobil tua gini. Pengalaman pertama. Makanya langsung saya sewa keliling kota Banyuwangi. Senang lah ada sensasinya. Ada kepuasan tersendiri naik ini," ujar Yuyun, wisatawan yang ditemui detikcom di Pantai Marina Boom Banyuwangi.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba dan berkeliling menaiki mobil klasik kuno Volkswagen ini, kamu bisa datang langsung ke Banyuwangi.

Simak Video "Brumm! Puluhan Supercar Mengaspal di Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA