Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Sep 2019 19:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pantai Unik di Indonesia: Tiang Bendera

Afif Farhan
detikTravel
Pantai Tiang Bendera (Afif Farhan/detikcom)
Pantai Tiang Bendera (Afif Farhan/detikcom)
Rote - Semua orang tahu apa itu tiang bendera. Tapi apa semua orang tahu, Pantai Tiang Bendera di titik selatan terdepan Indonesia ini?

Sesuai namanya, disebut Pantai Tiang Bendera karena terdapat suatu tiang bendera di pantai ini. Pantai Tiang Bendera berada di Kota Ba'a, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, NTT.

Tim Tapal Batas detikcom bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) mendatangi Batu Termanu baru-baru ini. Pantai Tiang Bendera memiliki kontur berupa bebatuan karang dan pasir putih yang banyak pecahan karang.

BACA JUGA: Selamat Datang di Rote, Titik Paling Selatan Indonesia

Tiang benderanya sendiri berada di atas batu karang yang besar. Terlihat, bendera Merah Putih berkibar di sana menghadap ke Laut Sawu.

Tiang bendera dengan Sang Saka Merah Putih di puncaknya (Afif Farhan/detikcom)Tiang bendera dengan Sang Saka Merah Putih di puncaknya (Afif Farhan/detikcom)


"Menurut sejarahnya, tiang bendera di pantai ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Saat itu, bendera Belanda yang ada di sini," kata Frengky, pemandu kami.

Saya terpukau melihat bendera Merah Putih. Sang Saka di titik selatan terdepan negeri ini berkibar gagah.

Untuk menuju ke tiang benderanya, pengunjung dapat berjalan kaki menyeberangi perairan yang dangkal kemudian naik ke atas batunya. Hanya saja harap memakai alas kaki yang memadai, sebab tekstur karangnya cukup tajam.

Untuk menuju tiang benderanya, harus berjalan melewati perairan (Afif Farhan/detikcom)Untuk menuju tiang benderanya, harus berjalan melewati perairan (Afif Farhan/detikcom)


Kontur Pantai Tiang Bendera yang berupa bebatuan karang (Afif Farhan/detikcom)Kontur Pantai Tiang Bendera yang berupa bebatuan karang (Afif Farhan/detikcom)


Bentangan bebatuan karang terhampar di Pantai Tiang Bendera. Itu menjadi objek menarik untuk berfoto-foto.

"Pantai Tiang Bendera sudah menjadi objek wisata yang memadai. Di sini ada gazebo untuk bersantai, toilet, toko suvenir, tempat sampah dan tempat parkir," lanjut Frengky menjelaskan.

Bebatuan karang di Pantai Tiang Bendera (Afif Farhan/detikcom)Bebatuan karang di Pantai Tiang Bendera (Afif Farhan/detikcom)


Masyarakat setempat yang mengunjungi dan bermain-main di Pantai Tiang Bendera (Afif Farhan/detikcom)Masyarakat setempat yang mengunjungi dan bermain-main di Pantai Tiang Bendera (Afif Farhan/detikcom)


Kami, tim Tapal Batas menghabiskan senja di sini. Suasananya tenang, syahdu nian. Saat pelan-pelan matahari terbenam ke peraduannya, cahayanya makin elok dipandang. Menyinari pantainya, menghasilkan siluet sempurna pada tiang bendera di pantainya.

"Di sini memang paling nikmat untuk melihat sunset," kata Frengky di sebelah saya.

Siluet sunset di Pantai Tiang Bendera (Afif Farhan/detikcom)Siluet sunset di Pantai Tiang Bendera (Afif Farhan/detikcom)


BACA JUGA: Bukan di Afrika, Ini di Selatan Indonesia

Saya meresapi tiap detiknya, memandangi tiap sudut Pantai Tiang Bendera. Rote, titik paling selatan Indonesia ini punya banyak potensi wisata yang luar biasa. Sungguh luar biasa.

Untuk mengetahui informasi dari program ini ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com



Simak Video "Lihat Nih! Pulau Paling Selatan RI Pamer Seni Budaya"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA