Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Sep 2019 13:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Patung Jendral Soedirman 'Penjaga' Selatan Indonesia

Afif Farhan
detikTravel
Patung Jendral Soedirman di Pulau Ndana (Afif Farhan/detikcom)
Rote - Tiap wilayah di Indonesia punya patung Jendral Soedirman. Namun satu yang spesial, adalah patung Jendral Soedirman di pulau paling selatan Indonesia ini!

20-26 Agustus 2019, tim Tapal Batas detikcom bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjelajahi Kabupaten Rote Ndao di NTT. Kabupatennya berupa kepulauan dengan total 96 pulau. Namun, hanya 7 pulau yang berpenghuni dengan Pulau Rote sebagai yang paling besar.

Terdapat 10 kecamatan di Rote Ndao. Tiap kecamatan punya potensi dan tempat wisata yang beragam.

BACA JUGA: Terima Kasih Sudah Menjaga Titik Paling Selatan Indonesia

Namun tahukah kamu, pulau paling selatan Indonesia di Kabupaten Rote Ndao bernama Pulau Ndana. Pulau yang tak berpenghuni penduduk, hanya ditempati oleh sekitar 30-an personil Satgas (Satuan Tugas) Pengamanan Pulau Terluar dari kesatuan TNI.

Pulau Ndana sejatinya destinasi wisata yang indah. Pulau ini punya ombak yang menggoda untuk surfing, pesisir pantai putih nan halus, padang savana luas sampai danau berwarna merah.

Danau Merah di Pulau Ndana (Afif Farhan/detikcom)Danau Merah di Pulau Ndana (Afif Farhan/detikcom)


BACA JUGA: Danau Merah Tersembunyi di Indonesia

Ada satu hal menarik lainnya di Pulau Ndana. Suatu patung Jendral Soedirman yang menghadap ke lautan lepas, Samudera Hindia!

"Ini namanya Monumen Panglima Besar Jendral Soedirman. Diresmikan tanggal 1 Agustus 2010 oleh Jendral TNI Djoko Santoso saat itu," ujar Kapten Marinir Komandan Satgas Pulau Terluar Pulau Ndana, Agus Dwi Wibowo yang menemani tim Tapal Batas detikcom di Pulau Ndana.

(Afif Farhan/detikcom)(Afif Farhan/detikcom)


Patungnya menjulang tinggi nan gagah. Menggambarkan sosok Jendral Soedirman, pahlawan pejuang yang begitu hebat kisah-kisah perjuangannya.

Patung Jendral Soedirman ini pun tak jauh dari markas Satgas (Satuan Tugas) Pengamanan Pulau Terluar. Posisinya di tengah padang savana, dekat pantai.

(Afif Farhan/detikcom)(Afif Farhan/detikcom)


"Coba baca itu mas ada tulisannya," kata Agus kepada saya.

Di bagian bawah patungnya, terdapat kutipan amanat Jendral Soedirman. Suatu amanat untuk mengikrarkan sumpah anggota pimpinan tentara pada tanggal 25 Mei 1946 di Yogyakarta.

'Sanggup mempertahankan kedaulatan dan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, sampai titik darah yang penghabisan. Sanggup taat dan tunduk pada pemerintah negara republik, yang menjalankan kewajibannya, menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia dan mempertahankan kemerdekaannya sebulat-bulatnya,' begitu tulisannya.

Lanjutan tulisan kutipannya pun membuat jiwa patriot saya terpanggil...

'Sejengkal tanahpun tidak akan kita serahkan kepada lawan, tapi akan kita pertahankan habis-habisan,'.

BACA JUGA: Ti'i Langga, Topi Khas Rote Tiada Dua Penuh Makna

"Patung Jendral Soedirman ini menghadap ke Samudera Hindia, di paling selatan Indonesia dan seberangnya adalah Australia. Patung ini seolah penjaga selatan terdepan bangsa ini," papar Agus.

"Artinya, semangat Panglima Besar Jendral Soedirman ada pada diri kami, kesatuan TNI yang bertugas di sini. Tentu, pulau ini akan kita pertahankan dan kita jaga habis-habisan tanpa kompromi," tegasnya.

(Afif Farhan/detikcom)(Afif Farhan/detikcom)


Mendengar hal tersebut, saya bergetar. Memang, patung Jendral Soedirman ini adalah hanya patung biasa. Tapi tentu, memunculkan semangat pada kesatuan TNI yang bertugas di Pulau Ndana dan membakar jiwa nasionalisme dalam jiwa bagi yang melihatnya.

"Tugas TNI adalah menjaga keutuhan NKRI, sedangkan tugas anak muda adalah memberikan prestasi," tutup Agus.

(Afif Farhan/detikcom)(Afif Farhan/detikcom)


Untuk mengetahui informasi dari program ini ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com



Simak Video "Keindahan Pantai Welulik Simpan Sejarah Kelam "
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA