Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Sep 2019 14:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kisah Cinta Abadi di Taman Bunga Rozelin

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Taman Bunga Rozeline di Penajam Paser Utara (Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikcom)
Taman Bunga Rozeline di Penajam Paser Utara (Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikcom)
Penajam Paser Utara - Ada satu taman bunga cantik di tengah ibu kota baru Indonesia, yaitu Taman Bunga Rozelin. Ada kisah cinta abadi di balik indahnya taman ini. Penasaran?

Di Kota Penajam Paser Utara, tepatnya di Kilometer 9 Nipah-nipah, ada sebuah taman cantik yang menarik perhatian traveler. Dari kejauhan taman ini bak oase segar yang mengundang traveler untuk mampir dan sekedar beristirahat.

Di bagian gapura taman tertulis besar-besar nama dari taman cantik ini: Taman Bunga Rozeline. Tim Jelajah Ibu Kota Baru detikcom pun tak melewatkan kesempatan untuk mampir sejenak. Apalagi saat itu masih pagi sekali. Udaranya sangat segar. Cocok banget buat berolahraga ringan.

Rasa penasaran saya terusik terkait nama taman ini, Taman Bunga Rozeline. Siapakah gerangan Rozeline itu?

Kisah Cinta Abadi di Taman Bunga RozelinTaman Bunga Rozeline. (Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikcom)
Basri, driver sekaligus pemandu saya hari itu, menjelaskan bahwa nama Rozeline di taman bunga ini diambil dari nama istri Bupati Penajam Paser Utara terdahulu yang kini sudah tiada.

"Nama taman ini diambil dari nama istri Bupati Penajam Paser Utara sebelum yang sekarang, Bu Roslina. Beliau meninggal karena sakit kalau tidak salah," kisah Basri.




Dari penelusuran detikcom, rupanya yang dimaksud oleh Basri adalah Ibu Andi Roslina Harahap, istri dari Andi Harahap, Bupati Penajam Paser Utara periode tahun 2008-2013. Sang istri, Roslina, meninggal dunia tepat di momen hari Ibu pada 22 Desember 2014 silam karena sakit.

Kisah Cinta Abadi di Taman Bunga RozelinSalah satu bunga di taman. (Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikcom)
Untuk mengenang jasa-jasa dan kepergiannya, nama Rozeline pun disematkan kepada taman ini agar namanya tetap abadi seperti bunga-bunga cantik di taman ini.

Suasana taman yang asri benar-benar bikin betah. Taman ini pun dilengkapi dengan gazebo-gazebo yang bisa dipakai untuk traveler duduk bersantai sambil menikmati suasana.



Taman Bunga Rozeline juga dilengkapi danau buatan dan juga jembatan kayu yang Instagramable. Cocok banget dikunjungi oleh anak-anak muda yang hobi selfie narsis dan eksis di media sosial.

Kisah Cinta Abadi di Taman Bunga RozelinTaman ini sangat family friendly. (Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Untuk traveler yang sudah berkeluarga, Taman Bunga Rozeline sangat Family Friendly alias ramah keluarga. Ada banyak mainan anak-anak di sini. Taman ini pun bisa menjadi tempat liburan keluarga yang murah dan berkualitas di ibu kota baru.

Masuk ke taman bunga ini, traveler tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun ingat, tetap jaga kebersihan ya. Sayang rasanya jika taman secantik ini dinodai dengan sampah yang dibuang sembarangan.




Simak Video "Selamat Datang di Pelabuhan Penajam, Gerbang Selatan Ibu Kota Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA