Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 22 Sep 2019 07:03 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pantai Lantik, Si Cantik dari Simeulue

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Pantai Lantik di Teupah Barat, Sinabang (Randy/detikcom)
Simeulue - Bicara soal pantai di Kabupaten Simeulue, Pulau Sinabang, banyak yang bisa jadi rekomendasi. Salah satu yang cukup populer adalah Pantai Lantik di Teupah Barat.

Berjarak sekitar setengah jam perjalanan darat dari pusat Kota Sinabang, Pantai Lantik merupakan salah satu yang bisa dikunjungi traveler pencinta pantai saat berkunjung ke Simeulue.

Memiliki nama lain Pantai Alaik Sektare, Pantai Lantik memiliki pasir putih dan ombak yang relatif tenang. Hal tersebut membuat pantai ini cocok untuk dikunjungi oleh traveler yang membawa serta si buah hati.

Salah satu warung Instagramable di Teupah Barat (Randy/detikcom)Salah satu warung Instagramable di Teupah Barat (Randy/detikcom)

Selain itu, Pantai Lantik juga dilengkapi dengan sederetan warung sederhana yang dijajakan oleh para pengusaha UMKM. Menu yang disajikan pun cukup beragam, seperti mie aceh, mie udang, kelapa muda hingga kulner lokal seperti Memek dan Tabaha.




Dijelaskan oleh salah satu penjaja lokal bernama Sri Wahyuni pada tim detikcom dan Bank BRI saat berkunjung di lokasi pada 28 Agustus-5 September 2019 lalu, ia bercerita kalau dirinya dan deretan penjual di Pantai Lantik masih cenderung baru.

"Lebih kurang ada 30 pedagang di sini, baru tahun ini," ujar Sri.

Sri Wahyuni, nasabah Bank BRI sekaligus pemilik warung (Randy/detikcom)Sri Wahyuni, nasabah Bank BRI sekaligus pemilik warung (Randy/detikcom)

Walau sudah ada dari dulu, tapi pihak Pemkab Simeulue diketahui baru membenahi dan merapikan Pantai Lantik ini baru-baru saja. Sebelum menempati posisi warung terkini yang lebih dekat pantai, dahulu ia lebih dulu berjualan tepat di pinggir jalan.

Dalam perjalanannya, Sri benar-benar merintis usahanya dari nol. Meminjam uang dari bank pun dilakukannya untuk mengembangkan usahanya hingga seperti sekarang.




"Kita minjam Rp 10 juta ke Bank BRI, sudah dua periode. Ambilnya dua tahun," ujar Sri.

Usaha Sri pun tidak sia-sia, kini warungnya terbilang lebih berkembang dan tampak lebih cantik dari para penjaja lainnya. Malah, Sri sampai mendekor halaman warungnya dengan payung warna-warni. Sangat kekinian!

Pantai ini merupakan salah satu yang dikembangkan Pemkab (Randy/detikcom)Pantai ini merupakan salah satu yang dikembangkan Pemkab (Randy/detikcom)

Cerita Sri di Pantai Lantik pun turut diamini oleh pihak Kepala Unit BRI Sinabang, Deny Syahputra. Dikatakan olehnya, pihak BRI Sinabang memang tengah melebarkan sayapnya di pantai tersebut melalui kemitraan dengan para pedagang.

"Di Simeulue kita punya Pantai Alaik Sektare, di sana punya usaha kuliner khusus. Jadi teman-teman atau tamu dari luar bisa menikmati kuliner di sana," terang Deni.




Di luar pantai indah serta aneka kuliner khas yang bisa dinikmati, traveler juga bisa menjumpai sejumlah spot foto Instagramable yang tersedia di sejumlah titik. Contohnya seperti ayunan hingga papan kayu berbentuk hati. Wah, menarik sekali yaa!

Ikuti terus berita tentang ekspedisi di pulau-pulau terdepan Indonesia di tapalbatas.detik.com!

Simak Video "Mantan Nelayan Berdayakan Masyarakat Lewat Usaha Kupas Kelapa"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA