Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Sep 2019 13:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mau Cari Oleh-oleh di Simeulue? Ini Beberapa Rekomendasinya

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Oleh-oleh akar bahar khas Simeulue (Rifkianto/detikcom)
Simeulue - Liburan ke Pulau Simeulue di Provinsi Aceh, tak lengkap tanpa beli oleh-oleh atau buah tangan. Berikut beberapa tempat untuk beli oleh-oleh khas di sana.

Dikenal akan hasil lautnya seperti lobster, teripang dan lainnya, Pulau Simeulue juga punya sejumlah oleh-oleh terkait itu. Mulai dari makanan, pajangan sampai gelang, semua dapat dijumpai traveler di Simeulue.




Dalam kunjungan Tim detikcom dan Bank BRI ke Pulau Simeulue pada 28 Agustus hingga 5 September 2019 kemarin, detikcom pun sempat mampir ke beberapa toko oleh-oleh yang khas Simeulue.

Yang pertama, detikcom mampir ke Galeri Bumdes Sukakarya yang dimiliki oleh Suhendra. Karena sedang tak ada di lokasi, tokonya pun diwakili oleh sang istri bernama Ana.

Kerajinan kayu berbentuk lobster (Rifkianto)Kerajinan kayu berbentuk lobster (Randy/detikcom)
Dijelaskan oleh Ana, galeri miliknya dibangun menggunakan Dana Bumdes yang disokong oleh Bank BRI. Hasilnya, Ana berhasil merangkul sejumlah pengrajin Simeulue untuk menjual hasil kreatifitasnya di galerinya.

"Banyak pengrajin, beda-beda orangnya," ujar Ana.

Di galerinya, traveler bisa melihat hiasan kayu dengan bentuk lobster yang khas Simeulue. Yang tak kalah populer adalah kerajinan gelang akar bahar yang diambil dari dasar laut. Oleh-oleh yang satu ini cukup populer di kalangan pembeli loh.

Pak Zulfikar dan barang dagangannya (Rifkianto/detikcom)Pak Zulfikar dan barang dagangannya (Rifkianto/detikcom)
Bergeser ke Jalan Baru di Desa Sukakarya, ada satu pedagang bernama Zulfikar Zaintisa yang menjual oleh-oleh kerupuk teripang. Sesuai namanya, Zulfikar menggunakan teripang atau timun laut sebagai olahan bahan kerupuk.

"Harganya Rp 25 ribu 1 boz, kemarin sempat menerima penghargaan Adikarya Pangan Nusantara. Per bulan kita kirim 300 ke Banda Aceh." ujar Zulfikar.




Itulah beberapa tempat untuk membeli oleh-oleh khas Simeulue. Jangan lupa beli kalau kamu liburan ke sana ya traveler!

Ikuti terus berita tentang ekspedisi di pulau-pulau terdepan Indonesia di tapalbatas.detik.com!

Simak Video "Mantan Nelayan Berdayakan Masyarakat Lewat Usaha Kupas Kelapa"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA