Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Sep 2019 13:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Short Escape di Kepulauan Seribu, Ini Rekomendasinya

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Pulau Semak Daun (feninovida/d'Traveler)

FOKUS BERITA

Wisata Pulau Seribu
Kepulauan Seribu - Bagi traveler Jakarta, Kepulauan Seribu di Utara Jakarta bisa jadi pilihan untuk short escape. Berikut aneka rekomendasi destinasi travel Pulau Seribu.

Berjarak sekitar satu hingga dua setengah jam perjalanan darat dengan speedboat dari Muara Angke, Jakarta Utara, di wilayah yang populer dengan sebutan Pulau Seribu ini traveler sudah bisa menikmati jernihnya air laut tanpa perlu pergi terlalu jauh dari Jakarta.

Secara teknis, Kepulauan Seribu terdiri dari 110 pulau. Di mana 11 pulaunya memiliki penduduk, sedangkan tujuh di antaranya merupakan resort. Hanya harus diakui, tak semua pulau di Kepulauan Seribu punya air yang masih jernih.

Pulau Tidung (Randy/detikcom)Pulau Tidung (Randy/detikcom)

Hal itu pun diungkapkan oleh Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kasudinparbud) Kepulauan Seribu, Cucu Ahmad Kurnia saat ditemui detikcom di Pulau Tidung Jumat pekan lalu (20/9/2019).

"Di mana lagi bisa lihat laut jernih dekat Jakarta kurang dari ratusan ribu sampai Rp 1 juta? Di Kepulauan Seribu lah. Cuma kalau yang airnya jernih Pulau Tidung," ujar Cucu.




Hal itu pun dibuktikan langsung oleh detikcom saat berkunjung ke Pulau Tidung saat pada gelaran Eco Music Camp & Oceanik Folk Festival pekan lalu. Air laut masih begitu jernih di Pulau Tidung Besar hingga Pulau Tidung Kecil yang tersambung dengan Jembatan Cinta.

Menariknya, masing-masing pulau di Kepulauan Seribu punya keunikan masing-masing. Apabila Pulau Tidung Besar dihuni warga dan terkenal akan pantainya, Pulau Tidung Kecil lebih dikhususkan untuk agrowisata.

Pulau Untung Jawa (Annisa Santoso/d'Traveler)Pulau Untung Jawa (Annisa Santoso/d'Traveler)

Lebih lanjut, Cucu membagi Kepulauan Seribu ke dua pilihan. Yang pertama adalah pulau penduduk yang didominasi homestay atau pulau resort yang lebih menengah ke atas.

"Kalau pulau penduduk itu ada Pulau Pramuka, Pulau Pari, Pulau Harapan, Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa. Kalau resort itu pilihannya ada tujuh, Pulau Air, Pulau Bidadari, Pulau Sepa, Pulau Putri, Pulau Macan, Pulau Pantara sama satu lagi Pulau Pelangi dan juga beberapa pulau yang sifatnya cagar budaya tapi gak ada penginapan," ujar Cucu.

Itulah sedikit gambaran tentang wisata Kepulauan Seribu di Utara Jakarta. Kalau mau tahu lebih detil tentang Kepulauan Seribu, ikuti terus detikTravel akhir pekan ini ya.







Simak Video "70 Wisatawan Dievakuasi dari Kapal Bocor di Kepulauan Seribu"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)

FOKUS BERITA

Wisata Pulau Seribu
BERITA TERKAIT
BACA JUGA