Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Okt 2019 19:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Seperti Apa Ya Museum Santet di Surabaya?

Afif Farhan
detikTravel
1

Santet

Halaman 2 dari 3

Foto: (Dhian Zhafarina Cahyo Asmoro/d'Traveler)

Mari masuk ke sasana kesehatan tradisional. Inilah yang paling menarik buat pengunjung karena koleksinya tentang santet!

Pada salah satu sudut ruangan ditampilkan dua foto rontgen pasien yang terkena santet. Pada foto rontgen orang dewasa terlihat gotri dan paku di dalam ususnya. Sementara pada foto rontgen bayi terlihat ada jarum di dalam usus dan di dalam rongga perut (abdomen).

Di bawah koleksi tersebut, terdapat berbagai benda di dalam etalase yang berhubungan dengan santet. Seperti misalnya paku yang dikeluarkan bersama muntahan, tanah kuburan untuk menyantet, telur untuk mendiagnosa suatu penyakit, peralatan santet, senjata penangkal santet, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Percaya Nggak Percaya, Ini Jalan Kematian yang Banyak Hantu

Bahkan di dinding ruangan tertempel plakat tentang cara bagaimana santet dilakukan. Pada plakat itu diterangkan bagaimana sebuah paku bisa berpindah ke orang lain melalui santet. Dalam hal ini yang dijadikan media adalah ayam.

Setelah disiapkan peralatannya, sang dukun kemudian melakukan ritual mengirim paku ke sebuah ayam jago yang diletakkan di situ. Setelah proses ritual selesai, ayam jago pun disembelih. Benar saja, terlihat beberapa jarum menancap di organ hati dan jantung ayam.

Tak dipungkiri, santet merupakan hal gaib yang sulit dijelaskan oleh dunia medis di Indonesia. Bagaimana pendapat kamu?

(Halaman selanjutnya, koleksi jailangkung)

(aff/krs)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA