Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Okt 2019 17:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Cantiknya Senja di Titik 0 KM di Utara Indonesia

Bonauli
detikTravel
Tugu 0 km di Miangas (Bonauli/detikcom)
Tugu 0 km di Miangas (Bonauli/detikcom)
Miangas - Titik 0 KM menjadi salah satu ikon dari daerah-daerah perbatasan negara, tak terkecuali Indonesia. Di Pulau Miangas, titik 0 km terlihat cantik saat senja.

Tiap perbatasan Indonesia memiliki tugu 0 km yang jadi ikon. Kalau titik 0 km Sabang sudah biasa, Miangas bisa jadi pilihannya.

detikcom bersama Bank BRI melakukan ekspedisi ke wilayah perbatasan Indonesia, salah satunya Miangas. Berada di ujung pulau, sebuah tugu besar setinggi 40 meter menghadap gagah ke lautan.

Cantiknya Senja di Titik 0 KM di Utara IndonesiaFoto: (Bonauli/detikcom)


'Miangas KM 0 Utara NKRI'.

Tulisan tersebut jelas menjadi tanda perbatasan Indonesia di bagian utara. Di balut dengan warna hitam, sebuah simbol garuda berwarna emas tersemat cantik di ujung tengah tugu.




Bagian dinding bawah tugu dilukis dengan peta Indonesia. Jangan tanya Miangas sebelah mana. Saking kecilnya, Pulau Miangas tak terlihat di peta.

Kepulauan Talaud dan Miangas digambar jelas di bagian kanan bawah tugu. Meski sangat kecil, tapi Miangas menjadi bagian berarti bagi Indonesia.

Cantiknya Senja di Titik 0 KM di Utara IndonesiaFoto: (Bonauli/detikcom)


Selain berfoto di tugu 0 km ini, traveler juga bisa bisa menikmati senja pantai. Berseberangan dengan pelabuhan baru, tapi titik 0 km bisa dinikmati dari tengah laut.

Wisatawan bisa berjalan santai ke ujung dermaga pelabuhan untuk menikmati senja lautan lepas. Bias oranye cakrawala ditambah deburan ombak, menjadi suguhan apik tugu 0 km Miangas.

Dari dermaga, kamu bisa melihat tugu ini berada di langit keunguan. Cantiknya senja di Miangas memang tiada dua.

Senja di dermaga 0 km MiangasSenja di dermaga 0 km Miangas Foto: Muhammad Ridho


detikcom bersama Bank BRI mengadakan program Tapal Batas yang mengulas mengenai perkembangan infrastruktur, ekonomi, hingga wisata di beberapa wilayah terdepan.

Ikuti terus berita tentang ekspedisi di pulau-pulau terdepan Indonesia di tapalbatas.detik.com!

Simak Video "Dari Kami Untuk Mereka di Tapal Batas"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA