Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Okt 2019 23:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Taman Ismail Marzuki, Pusat Budaya Jakarta yang Seru dan Nyeni

Virgina Maulita Putri
detikTravel
Taman Ismail Marzuki, Pusat Budaya Jakarta yang Seru dan Nyeni Foto: Rima Olyvia
Taman Ismail Marzuki, Pusat Budaya Jakarta yang Seru dan Nyeni Foto: Rima Olyvia
Jakarta - Destinasi wisata di Jakarta tidak melulu seputar mal dan tempat rekreasi yang berbiaya mahal. Di pusat Jakarta tepatnya di Cikini ada Taman Ismail Marzuki, kalian bisa menikmati wisata seni dan budaya yang pastinya memiliki nilai edukasi tinggi.

Taman Ismail Marzuki sendiri memang dikenal sebagai pusat budaya dan seni di Jakarta. Dibangun di lahan seluas 9 hektar, area Taman Ismail Marzuki juga mencakup Institut Kesenian Jakarta dan Planetarium Jakarta.



Ingin tahu apa saja hal seru yang bisa dilakukan di destinasi wisata ini? Berikut serba-serbi Taman Ismail Marzuki yang dirangkum detikTravel:

1. Sejarah Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki diresmikan pada 10 November 1968 oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin. Namanya sendiri diambil dari Ismail Marzuki, seorang komponis terkenal kelahiran Jakarta yang telah menciptakan lebih dari 200 lagu, termasuk 'Halo-halo Bandung' dan 'Berkibarlah Benderaku'.

Dulunya tempat ini dikenal sebagai ruang rekreasi umum Taman Raden Saleh (TRS). Pengunjung TRS bisa menikmati kesejukan taman kota, menonton balap anjing juga bermain sepatu roda.

Sepanjang berdiri, Taman Ismail Marzuki telah mengalami beberapa revitalisasi untuk bisa tetap modern dan relevan. Per akhir bulan September 2019, Taman Ismail Marzuki kembali mengalami revitalisasi.

2. Fasilitas

Taman Ismail Marzuki memiliki sejumlah teater modern, balai pameran, gedung arsip, museum, toko buku dan perpustakaan. Tapi salah satu daya tarik utama di Taman Ismail Marzuki adalah Planetarium Jakarta yang cocok untuk wisata edukasi bersama seluruh keluarga.

Event seni dan budaya yang bertempat di Taman Ismail Marzuki biasanya diadakan di Graha Bhakti Budaya, Galeri Cipta I dan II, Teater Kecil, Plaza TIM, Teater Halaman dan Teater Jakarta.

Untuk mengetahui event menarik apa yang sedang dan akan berlangsung di Taman Ismail Marzuki, kalian bisa mengunjungi akun Twitter atau Instagram Taman Ismail Marzuki.



3. Tiket Masuk

Untuk memasuki area Taman Ismail Marzuki tidak dipungut biaya alias gratis. Sedangkan untuk menikmati pertunjukan seperti konser musik, teater, tari atau film tentu dikenakan biaya tiket sesuai event yang dituju.

Untuk masuk dan menikmati Pertunjukan Teater Bintang di Planetarium, dikenakan biaya sebesar Rp 7.000 untuk anak-anak dan Rp 12.000 untuk dewasa. Pertunjukan ini tayang dua kali sehari yaitu pukul 09.30 WIB dan 13.30 WIB, jadi datang lebih cepat ya agar tidak mengantri.

4. Lokasi

Taman Ismail Marzuki terletak di Jalan Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat. Destinasi wisata ini buka setiap hari pada pukul 08.00 - 17.00 WIB.

Sedangkan Planetarium Jakarta buka pada Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu yaitu pukul 08.00-15.00 WIB. Hari Senin tutup untuk pemeliharaan barang dan maintenance.

Simak Video "Bioskop XXI Taman Ismail Marzuki Bakal Ditutup?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA