Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 31 Okt 2019 12:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenali Umbul Ponggok yang Dipuji Media Internasional

Achmad Syauqi
detikTravel
(Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Klaten - Inilah Umbul Ponggok, destinasi wisata dari Klaten yang dipuji media internasional. Seperti apa sih tempatnya?

Media asal Inggris, Daily Mail dan media asal Hong Kong, South China Morning Post memuji Umbul Ponggok sebagai destinasi wisata yang menawan. Tak hanya keindahannya saja, tapi kesadaran masyarakatnya dan bagaimana perekonomian setempat menjadi bergeliat.

BACA JUGA: Destinasi Wisata di Klaten Ini Dipuji Media Inggris dan China

Mari kita mengenali Umbul Ponggok lebih dekat. Lokasinya di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Terletak di sisi utara Kabupaten Klaten berjarak 40 kilometer dari
Kota Yogya maupun Solo.

Dari Yogya wisatawan akan melintasi sisa kemegahan kerajaan Mataram Hindu di Prambanan. Dari Kota Solo, menuju ke Ponggok akan disuguhi landscape dataran rendah dengan sawah terhampar.

Selamat datang di Umbul PonggokSelamat datang di Umbul Ponggok (Achmad Syauqi/detikcom)


Umbul Ponggok merupakan kolam dengan ukuran 100x50 meter, airnya yang berasal dari mata air. Kealamian airnya sangat terjaga.

Di kolam berair jernih itu, pengunjung tidak perlu takut gelombang atau terseret arus. Kolam mata air yang konon sudah dimanfaatkan di masa kerajaan Hindu sampai masa kolonial itu terletak di dataran rendah lereng Gunung Merapi dan Merbabu.

Wisatawan juga tidak perlu khawatir terpeleset sebab umbul itu bukan kolam renang di hotel berbintang yang di keramik di lantainya. Umbul Ponggok memiliki dasar kolam yang sangat alami, berupa hamparan pasir hitam dan bebatuan andesit.

Ikan-ikan terlihat di dalam kolamnya yang jernihIkan-ikan terlihat di dalam kolamnya yang jernih (Achmad Syauqi/detikcom)


Dengan air yang mengalir tanpa henti sepanjang waktu dari puluhan mata airnya, umbul itu menyajikan pemandangan aduhai saat gerombolan ikan air tawar berbagai jenis dan ukuran melintas. Tidak ada bau amis meskipun berendam berjam-jam sebab air dari mata air bawa tanah alami mengalir dengan debit sekitar 800 liter/ detik.

Silakan bermain air, berenang, snorkeling, hingga berfoto-foto di dalam airnya. Kamu bisa pose naik motor sampai kemping di dalam airnya lho!

Pengelola siap melayani penyewaan jaket pelampung, kaki katak, peralatan snorkelling, diving, berjalan di bawah air sampai berselfi di bawah air dengan berbagai gaya. Peralatan sewanya tidak mahal. Misalnya untuk snorkel mask hanya Rp 13.000, kaki katak Rp 7.000, pelampung Rp 7.000.

Jika ingin berselfi di bawah air, tidak perlu membawa kamera anti air sebab juga tersedia sekaligus paketnya. Pengelola menyediakan photografer bawah air profesional sehingga wisatawan cukup modal uang dan gaya akan menerima hasilnya.

Mengenali Umbul Ponggok yang Dipuji Media Internasional(Bayu Ardi Isnanto/detikcom)


Paket foto sendiri tanpa alat hanya membayar Rp 60.000/ orang. Jika ingin bergaya dengan laptop di bawah air ditambah Rp 20.000, berfoto di ayunan ditambah Rp 50.000. Bahkan bisa juga berfoto dengan sepeda motor dengan tambahan tarif maksmial hanya Rp 100.000, tergantung jenis sepeda motornya.

Mengenali Umbul Ponggok yang Dipuji Media Internasional(umbul_ponggok/Instagram)


Bagi pasangan yang ingin mengabadikan pernikahan, pengelola juga melayani pemotretan pre wedding bawah air dengan paket full Rp 3 juta dan standar hanya Rp 2 juta sudah bisa membawa pulang hasilnya. Ponggok warrior hanya dibanderol Rp 15.000-20.000/ orang didampingi life guard.

Jangan-jangan tiket masuknya mahal? jangan takut sebab pengelola hanya mematok tiket masuk kolam Rp 15.000/ orang. Untuk wisatawan yang penasaran dengan under water walker tidak perlu khawatir sebab dengan merogoh kocek beberapa lembar uang seratus ribu sudah bisa menikmati bawah air sambil berjalan dan bercanda selama 20 menit. Operator akan mendampingi dengan peralatan memadai.

Kapan kamu ke sini?

Simak Video "Dipuji Media Internasional, Ini Keindahan Umbul Ponggok"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA