Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Okt 2019 13:35 WIB

TRAVEL NEWS

Destinasi Wisata di Klaten Ini Dipuji Media Inggris dan China

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi Umbul Ponggok, salah satu destinasi wisata di Klaten. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Ilustrasi Umbul Ponggok, salah satu destinasi wisata di Klaten. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Jakarta - Media online Inggris dan China terpukau akan keindahan Umbul Ponggok. Mereka pun menuliskan bahwa tempat ini bukan cuma indah tapi juga instagramable.

Masih ingat kan betapa viralnya destinasi wisata Umbul Ponggok yang berada di Klaten, Jawa Tengah dulunya di media sosial? Kolam dengan ikan warna-warni ini begitu menghebohkan media sosial karena sangat bagus untuk spot foto underwater.




Nah, salah satu media terkemuka Inggris yang terpukau dengan destinasi wisata di Klaten itu adalah Daily Mail. Sebagaimana dilihat dari website-nya, Senin (28/10/2019), Daily Mail menyebut Umbul Ponggok sedemikian populer di Instagram. Kolam berukuran 70x40 meter di sana pun begitu jernih dengan ikan warna-warni berenang di dalamnya.

Begitu juga dengan dengan media South China Morning Post, yang menuliskan tentang sebuah kolam di perdesaan yang mengubah kehidupan masyarakat di sekitarnya. Mereka menyebut bahwa kolam Umbul Ponggok yang diubah menjadi destinasi wisata ini membantu meningkatkan perekonomian sekitar.

Media Inggris dan China Terkagum-kagum ke Umbul PonggokFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Disebutkan, 15 tahun yang lalu kolam Umbul Ponggok sangat kotor dan tercemar karena digunakan warga untuk mencuci dan mandi. Kemudian di tahun 2006, kepala desa terpilih Junaedi Mulyono menyadari bahwa kolam ini punya potensi wisata karena di dalamnya mengalir 40 mata air. Dia pun mencoba meyakinkan warga untuk membersihkan kolam dan mengubahnya menjadi tempat wisata. Saling membahu mereka pun membangun Tirta Mandiri dan mengubah kolam jadi ladang uang.

Media itu juga menyebut bahwa 40 persen saham di Umbul Ponggok adalah milik warga sekitar. Mereka pun juga bisa menjual ragam kuliner, oleh-oleh dan ragam lainnya di kawasan destinasi ini.




Dalam wawancaranya bersama South China Morning Post, Mulyono mengungkapkan bahwa Umbul Ponggok mengubah kehidupan perekonomian di sana. Banyak wisatawan yang datang demi bisa berfoto underwater di beragam spot foto yang memang dibuat sengaja di kolam berair jernih ini.

[Gambas:Instagram]


Nah, bagi traveler yang belum pernah ke Umbul Ponggok, kolam cantik ini berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dan biaya masuk ke dalam kawasan ini Rp 15 ribu.

Di kolam berair jernih ini kamu bisa menemukan beragam titik foto tematik yang instagramble. Dijamin deh foto kamu akan hits dan sangat unik.




Bahkan Presiden Jokowi juga pernah posting tentang Umbul Ponggok di Instagram. Dia menuliskan bagaimana destinasi wisata ini mengubah perekonomian di sana. Serta tak lupa dia memuji betapa moleknya kolam Umbul Ponggok ini.

Di sini juga disewakan kamera underwater dan operatornya untuk mempermudah pengunjung mengambil foto. Serta juga ada layanan penyewaan paket diving dan snorkling untuk keseruan yang unik dan berbeda.


Media Inggris dan China Terkagum-kagum ke Umbul PonggokFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom


Simak Video "Umbul Ponggok Dipuji Media Online Inggris dan China"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA