Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Nov 2019 16:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Taman Wisata Situ Gintung, Wisata Alam Asri Tak Jauh dari Jakarta

Virgina Maulita Putri
detikTravel
Taman Wisata Situ Gintung, Wisata Alam Asri yang Tak Jauh dari Jakarta Foto: Instagram @pulausitugintung
Taman Wisata Situ Gintung, Wisata Alam Asri yang Tak Jauh dari Jakarta Foto: Instagram @pulausitugintung
Jakarta - Mau lepas dari hiruk pikuk Jakarta tapi tidak ingin jauh-jauh dari ibukota? Kalian bisa mengunjungi Taman Wisata Situ Gintung saat libur akhir pekan ini.

Taman wisata ini berada di lokasi danau buatan Situ Gintung yang terletak di Ciputat, Tangerang Selatan. Walau lokasinya di dekat danau, destinasi wisata ini tidak hanya menawarkan wisata air saja lho.




Ingin tahu fasilitas apa saja yang ada di Taman Wisata Situ Gintung? Simak serba-serbi berikut yang dirangkum detikTravel:

1. Sejarah

Danau buatan Situ Gintung yang mengelilingi taman wisata ini dibangun sebagai waduk pada tahun 1932-1933. Mengambil area seluas 31 hektar, fungsi utama waduk ini adalah sebagai tempat penampungan air hujan dan untuk perairan lahan pertanian di sekitarnya.

Di tengah danau buatan tersebut terdapat sebuah pulau kecil yang menyambung ke tepi daratan. Pulau dengan luas sekitar 1,5 hektar tersebut dinamai Pulau Situ Gintung dan telah dimanfaatkan sebagai tempat wisata alam sejak tahun 1970-an.

2. Water Park

Di Taman Wisata Situ Gintung terdapat waterpark atau kolam renang yang cocok untuk bermain air bersama seluruh anggota keluarga. Kolam renang ini memiliki berbagai jenis seluncuran yang membuat sesi main air menjadi makin seru. Untuk yang hanya ingin bersantai, tersedia gazebo dan juga kursi-kursi di pinggir kolam.

3. Outbond

Dengan taman yang luas dan hijau, membuat Taman Wisata Situ Gintung cocok menjadi lokasi outbound. Ada beberapa fasilitas outbond yang bisa kalian nikmati di tempat ini seperti flying fox, halang rintang, jembatan gantung, jembatan goyang dan lain-lain.




4. Wahana Lainnya

Selain wahana waterpark dan outbound, Taman Wisata Situ Gintung juga memiliki beberapa kegiatan menarik lainnya. Kalian bisa mengelilingi area taman menggunakan ATV atau melihat area taman dari ketinggian dengan mengendarai sepeda layang.

Selain itu kalian juga bisa berolahraga di lapangan futsal dan tenis yang ada. Jika sudah lelah, kalian bisa bermalas-malasan di pinggir area danau buatan.

5. Fasilitas

Taman Wisata Situ Gintung memiliki fasilitas tambahan berupa restoran yang menawarkan menu ala Sunda dan Jawa. Selain itu ada juga fasilitas dasar seperti toilet dan mushola.

6. Harga Tiket

Untuk masuk ke area Taman Wisata Situ Gintung dikenakan tiket dengan harga Rp 10.000 per orang. Untuk menikmati kolam renang yang ada kalian harus merogoh kocek tambahan sebesar Rp 45.000 (weekday) atau Rp 65.000 (weekend).

Taman Wisata Situ Gintung berlokasi di Jalan Pisangan Raya No.20, RT. 03/09, Cireundeu, Kec. Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan. Taman wisata ini buka mulai pukul 08.00-18.00 WIB.

Simak Video "Serunya Wisata Air, Serdang Bedagai"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA