Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 12 Nov 2019 09:12 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Lestarikan Alam, Pulau Ini Tolak Penggunaan Mobil

Bonauli
detikTravel
Isla Holbox (iStock)
Isla Holbox (iStock)
Isla Holbox - Sebuah pulau bernama Isla Holbox mendedikasikan dirinya sebagai tempat wisata asri. Sangat menjaga kelestarian alam, penduduk pulau menolak penggunaan mobil.

Inilah Isla Holbox, sebuah pulau yang menjadi negara bagian Quitana Roo, Meksiko. Berada di antara Teluk Meksiko dan Laut Karibia, pulau ini begitu kaya dengan pemandangan indah.




Dihimpun detikcom dari berbagai sumber, pulau ini juga terkenal karena penduduknya menolak untuk menggunakan kendaraan bermotor seperti mobil. Semua itu dilakukan agar alamnya terjaga.

Begitu kamu sampai di pulau cantik ini, akan ada suguhan tarian flamingo yang menggoda wisatawan. Pasir pantai yang indah akan menemani perjalananmu dari pantai sampai ke pemukiman.

Jaga Alamnya, Pulau Ini Tolak Penggunaan MobilFoto: (iStock)


Ya, pulau ini bukan cuma bebas polusi kendaraan mobil, tapi juga sedikitnya jalan beraspal. Pulau sepanjang 41 km ini hanya bisa di jelajahi dengan menggunakan sepeda.

Para penduduk juga menolak pembangunan mega resor internasioanl di pulau ini. Alasannya sederhana, karena wisatawan yang datang kebanyakan ingin melarikan diri dari penatnya rutinitas.

Sehingga mereka lebih suka berbaur dengan alam dibandingkan dengan liburan mewah. Karena hal ini juga, pulau ini tak pernah kebanjiran wisatawan.




Wisatawan diajak untuk 'menghilang' dari hiruk-pikuk bumi, tenggelam bersama indahnya laut Isla Holbox. Listrik baru masuk pada tahun 1987, sinyal dan wifi tak selalu lancar.

Lupakan smartphonemu, peta digital seperti google maps tak tersambung di pulau ini. Yang sepenuhnya bisa dilakukan adalah menikmati pantai-pantai kosong dengan hutan bakau liar.

Jaga Alamnya, Pulau Ini Tolak Penggunaan MobilFoto: (iStock)

Pulau ini dulunya sudah dihuni oleh suku Maya. Kemudian ada bajak laut Spanyol yang datang untuk mencari air tawar. Mereka kemudian menetap di pulau ini.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah bulan Juni hingga September. Kamu bisa melihat atraksi hiu paus yang mencari makan. Snorkeling dan diving jadi aktifitas favorit.

Saat bulan tak menampakkan diri, pantai ini akan bercahaya karena adanya fitoplanton bioluminescent. Kamu bisa bermain kayak di antara lautan bercahaya.

Jaga Alamnya, Pulau Ini Tolak Penggunaan MobilFoto: (iStock)


Simak Video "Video Polisi-Kartel Narkoba di Meksiko Baku Tembak, 14 Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA