Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 12 Nov 2019 20:00 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Badang, Hero Mobile Legends yang Makamnya Ada di Indonesia

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Makam pahlawan Melayu, Badang di Pulau Buru, Karimun (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Makam pahlawan Melayu, Badang di Pulau Buru, Karimun (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Pulau Buru - Badang atau Datok Si Badang adalah sosok legenda dari Melayu atau Malaysia di abad ke-13, yang konon sakti mandraguna. Ia meninggal dan dimakamkan di Indonesia.

Badang kini mulai dikenal anak-anak muda lewat permainan Mobile Legends: Bang Bang. Legenda Badang sendiri tak terlalu jelas dan banyak yang meyakini bahwa dia merupakan seorang pemuda miskin.




Dari berbagai sumber, Badang merupakan seorang pemuda Melayu dari Sayong Pinang yang terletak di Johor, Malaysia. Ia pernah bekerja untuk seorang saudagar kaya dari Aceh.

Cerita yang paling dikenal dari Badang adalah ketika mengatasi iblis yang mengganggu penduduk. Ia mampu melawan iblis yang suka mencuri ikan di jaring hasil tangkapan warga. Dari situ ia mulai dikenal hingga melanglang buana.

Kenal Badang? Pahlawan Malaysia yang Dikubur di IndonesiaFoto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

Di akhir petualangannya ia menuju ke pulau yang kini bernama Pulau Buru. Ia pun meninggal di wilayah yang masuk Kabupaten Karimun itu.

Ia meninggal bukan di kampung halamannya, walaupun tetap di tanah Melayu. Makam Badang yang ada di tengah hutan telah dibangun oleh turis-turis yang berasal dari Malaysia.

Makam Badang ini tak jauh dari Masjid Besar Raja Haji Abdul Ghani, masjid tertua yang dimiliki peradaban Melayu. Anda hanya perlu naik motor menembus hutan selama 15 menit.

Kenal Badang? Pahlawan Malaysia yang Dikubur di IndonesiaFoto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

Ya, makam Badang ada di dalam hutan. Hutan yang ada di sekitarnya pun masih terjaga. Dan makam ini banyak dikunjungi oleh turis yang berasal dari Malaysia.

Ada satu dua mitos unik di makam Badang ini. Pertama, jika ada yang tanya ukuran makam Badang pendek atau panjang, jawaban itu akan mempengaruhi usia dari yang menjawab. Kalau dijawab panjang berarti ia akan berumur panjang dan sebaliknya.

Mitos kedua masih serupa mengenai panjang kuburan Badang. Bedanya, ukuran makam Badang akan selalu berubah-ubah meski sebelumnya sudah diukur menggunakan kayu atau pengukur lainnya.

Kenal Badang? Pahlawan Malaysia yang Dikubur di IndonesiaJalan menuju ke makam Badang (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Ketiga, dilihat dari kuburannya, Badang bukan manusia yang berukuran seperti manusia saat ini. Dan petilasan Badang ada juga di salah satu tambang di pulau sebelah, yakni di Pulau Karimunbesar berupa tapak kaki raksasa.

Ikuti terus berita tentang ekspedisi di pulau-pulau terdepan Indonesia di tapalbatas.detik.com!




Simak Video "Perjuangan Pembuat Kerupuk di Wilayah Terluar Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA