Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Nov 2019 05:00 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pesona Masjid Raya Sumatera Barat yang Jadi Ikon Kota Padang

Niken Widya Yunita
detikTravel
Pesona Masjid Raya Sumatera Barat yang Jadi Ikon Kota Padang/Foto: (Randy/detikTravel)
Pesona Masjid Raya Sumatera Barat yang Jadi Ikon Kota Padang/Foto: (Randy/detikTravel)
Jakarta - Masjid Raya Sumatera Barat menjadi ikon kota Padang. Masjid ini merupakan yang terbesar dan termegah di Sumatera Barat.

Masjid ini disebut juga dengan Masjid Mahligai Minang. Masjid terletak menghadap Jalan Khatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Apa saja yang menarik tentang Masjid Raya Sumatera Barat?

Berikut ini tentang Masjid Raya Sumatera Barat:



1. Masjid Tanpa Kubah


Masjid Raya Sumatera Barat adalah masjid tanpa kubah. Atap masjid berupa khas rumah adat Minang serta terdapat ukiran-ukiran pada dinding.

Masyarakat Sumatera Barat terkenal dengan pepatah Adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah, yang artinya adat bersendikan kepada agama, dan agama bersendikan kitabullah (Al-Quran). Hal itulah yang tercemin dalam Masjid Raya Sumatera Barat.

Sebenarnya, atap masjid ini menggambarkan bentuk bentangan kain yang digunakan empat kabilah suku Quraisy saat berselisih pendapat mengenai pemindahan batu Hajar Aswad di Makkah. Bila diperhatikan, keempat sudut dari atap masjid ini berbentuk gonjong yang seperti yang terdapat pada rumah adat Minangkabau.

2. Masjid Terbesar di Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat adalah masjid terbesar di Sumatera Barat. Masjid ini dipusatkan sebagai tuan rumah kegiatan keagamaan skala regional seperti tablig akbar, pertemuan jemaah, penyelenggaraan Salat Ied hingga Salat Jumat setiap minggunya.

3. Disebut Masjid Seribu Pintu

Masjid Raya Sumatera Barat memiliki cukup banyak pintu. Karena itu masjid ini dijuluki Masjid Seribu Pintu Angin.




4. Tahan Gempa

Masjid ini dirancang tahan gempa hingga 10 SR sekaligus shelter lokasi evakuasi bila terjadi tsunami. Bangunan utama Masjid Raya Sumatera Barat terdiri dari tiga lantai dengan luas area sekitar 40.343 meter persegi yang mampu menampung sekitar 20.000 jamaah.

5. Jadi Salah Satu Tujuan Wisata

Masjid Raya Sumatera Barat dibangun pada tahun 2007 dan selesai pada tahun 2016. Arsitek masjid ini yakni Rizal Muslimin yang merupakan pemenang sayembara desain masjid. Masjid ini menjadi salah satu tujuan wisata di Sumatera Barat.







Simak Video "Mengenal Master Mushaf Alquran Standar Indonesia Rasm Usmani"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA