Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Nov 2019 19:31 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

M Bloc Space Lagi Ngehits, Begini Awal Mula Kelahirannya

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
M Bloc Space. (Foto: Johanes Randy Prakoso/detikcom)
M Bloc Space. (Foto: Johanes Randy Prakoso/detikcom)
Jakarta - Lewat M Bloc Space, kawasan Blok M di Jakarta jadi ngehits lagi di kalangan anak muda. Sebagai ruang publik terpadu yang ingin sekadar nongkrong, makan, atau jalan-jalan, bagaimana awal mula kelahirannya?

Untuk menjawab hal tersebut, ada Handoko Hendroyono yang bakal mengisahkan. Ia merupakan salah satu sosok yang membidani kelahiran M Bloc Space, sekaligus juga pemilik dari Filosofi Kopi.

"Kami berenam ada yang dari musik, film, arsitek dan lain-lain beda latar belakang-lah. Ketika kami ditawari membuat tempat kosong yang sudah 24 tahun tak ditempati, kami pun berkolaborasi," kata Handoko saat ditemui di Jakarta, Selasa (26/11/2019).




"Obsesinya adalah brand lokal punya etalase terhormat. Kalau biasanya di mall itu etalase mereka ada di pojokan," ucap dia menambahkan.

Ia melanjutkan, di M Bloc Space para musisi akan memiliki ruangnya tersendiri. Bahkan, musisi itu bakal merasa nyaman bermain di M Bloc meski tempatnya tak terlalu besar.

"Kalau musik, musisi punya ruangannya yang sudah diatur dengan baik. Musisi kalau main di sana itu sangat seneng karena kualitas fasilitasnya bagus meski tempatnya nggak besar. Dari sisi lighting atau dan sound pun bagus," ucap dia.




M Bloc Space, yang diresmikan pada 26 September 2019, berdiri di atas lahan Peruri seluas 7.000 meter di bilangan Blok M. Lahan yang menampilkan kreasi muda-mudi hingga panggung musik itu tercipta dari kerjasama antara Perum Peruri (BUMN) dan PT Ruang Milenial, di sebuah rumah dinas Peruri yang sempat terabaikan selama puluhan tahun.

Teman Handoko yang berlatar belakang arsitek juga meminta M Bloc Space tetap mempertahankan bentuk asli bangunan. Karena, dalam penawarannya, Peruri hanya ingin lahan miliknya itu hidup kembali.




"Tentu akan dihidupkan dengan latar belakang kami yang memang multidisiplin," tegas dia.

Di kawasan M Bloc Space terdapat berbagai toko atau tenant yang menyuguhkan produk lokal. Hal itu turut bikin Handoko menjamin traveler yang datang akan merasakan kesan yang berbeda dengan yang ditemui pada pertokoan dalam mal.

"Kalau ini variasinya cukup kaya dan unik. Juga enak makanannya. Tokonya juga beda dengan produk lokal. Sudah seperti Anda kalau datang ke Hong Kong atau Tokyo yang menemukan pusat toko unik dan nggak ada di belahan bumi lain," tegas dia.

Simak Video "Nongkrong Asik ke Tahun 90-an di M Bloc Space"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA