Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Nov 2019 22:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pesona Gua Batu Hapu: Dari Malin Kundang sampai Indiana Jones

Muhammad Risanta
detikTravel

Halaman 1 dari 2

Gua Batu Hapu. (Foto: Muhammad Risanta/detikcom)
Gua Batu Hapu. (Foto: Muhammad Risanta/detikcom)

Tapin - Salah satu pesona alam yang dimiliki Kalimantan Selatan adalah gua alami di Desa Batu Hapu, Kecamatan Hatungun, Tapin, Kalimantan Selatan. Di baliknya ada pula legenda yang mirip kisah Malin Kundang di Sumatera Barat.

Gua Batu Hapu menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang suka berpetualan dalam mencari spot-spot indah. Salah satunya adalah karena stalaktit dan stalagmit yang ada di dalamnya.

Selain itu, asal-usul Gua Batu Hapu juga menjadi daya tarik lainnya. Diselubungi misteri dan mitos, ada legenda anak durhaka yang melekat pada tempat wisata alam ini.




Konon, Gua Batu Hapu terbentuk dari pecahan kapal milik seorang anak bernama Angui yang durhaka kepada ibu kandngnya, Nini Kudampa, sampai-sampai dikutuk jadi batu.

Dikisahkan, pada zaman dahulu kala Angui hidup dalam kemiskinan bersama ibunya. Tapi Angui, yang juga punya paras tampan, lantas berhasil jadi kaya-raya di perantauan.

Nah, pada satu waktu Angui kembali ke kampung halaman. Di sana ia tak mau mengakui ibu kandungnya, sampai-sampai Nini Kudampa yang geram pun melontarkan kutukan.

Konon katanya, topan besar lantas datang untuk menghempaskan kapal Angui. Segenap isinya pun terdampar di antara Tambarangan dan Lawahan. Pecahan kapal dan seisinya itulah yang sekarang disebut menjadi Gua Batu Hapu.

(Halaman selanjutnya: Seperti jadi penjelajah di Tomb Raider dan Indiana Jones)

(krs/rdy)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA