Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Nov 2019 16:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Karena Sulawesi Utara Tak Hanya Bunaken

Afif Farhan
detikTravel
Pantai pasir putih berhadapan dengan Pulau Lihaga (Afif Farhan/detikcom)
Pantai pasir putih berhadapan dengan Pulau Lihaga (Afif Farhan/detikcom)
Manado - Sulawesi Utara terkenal dengan Bunaken sebagai tempat wisatanya. Nyatanya, wisata di Sulawesi Utara tak hanya itu.

Dalam undangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), awak media menjumpai Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Octavianus Estefanus Kandouw di Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Manado pada Jumat (29/11/2019). Steven menceritakan soal potensi-potensi wisata di daerahnya.

"Kita punya Likupang yang masuk dalam daftar 5 Destinasi Super Prioritas, Desember nanti akan diresmikan Presiden Jokowi," ujarnya.

Karena Sulawesi Utara Tak Hanya BunakenWakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Octavianus Estefanus Kandouw (Afif Farhan/detikcom)
Menurut Steven, Sulawesi Utara sudah identik dengan Bunaken. Kawasan taman nasional di lepas laut Manado yang ciamik dengan dunia bawah lautnya.

"Tapi, kita tidak mau mengidentikan Sulawesi Utara dengan Bunaken," tegasnya.

Maksudnya?

"Kita punya 15 kabupaten kota yang banyak sekali potensinya. Ada Lembeh, Talaud di paling utara dan dijuluki Paradiso. Itu nama dalam bahasa Spanyol dan sudah disebut seperti itu sejak Spanyol datang ke sini," jelas Steven.


Bahkan masih ada Bitung, Tomohon yang terkenal dengan bunga-bunganya hingga Likupang dengan deretan pantai eksotis. Jangan lupakan juga Pulau Lihaga.

"Mau menyelam di bawah laut, sampai gunung berapi Sulawesi Utara punya," kata Steven.

Karena Sulawesi Utara Tak Hanya BunakenTomohon yang sejuk dan hijau (Afif Farhan/detikcom)

Karena Sulawesi Utara Tak Hanya BunakenPulau-pulau cantik di sekitar Likupang (Afif Farhan/detikcom)
Oleh sebab itu, pariwisata menjadi fokus dan komitmen dari Pemprov Sulawesi Utara. Kemenparekraf pun siap membantu mempromosikan pariwisatanya.

"Kita sudah punya 7 direct flight dari mainland (daratan utama) China dan dari Eropa seperti dari Jerman dan Inggris juga datang untuk menyelam. Dari pariwisata, kita menggerakan perekonomian dan lapangan kerja," tutup Steven.

Simak Video "Kotamobagu Sulut Diguyur Hujan Es Saat Kemarau"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA