Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Des 2019 12:03 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Jejak Keluarga Bu Ani hingga Raymond Westerling di Cimahi

Yudha Maulana
detikTravel

Halaman 1 dari 3

Hotel Tjimahi. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Hotel Tjimahi. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

Cimahi - Sebuah hotel di pusat Kota Cimahi punya nilai sejarah tinggi. Ada jejak sejumlah tokoh di sini mulai dari keluarga Ani Yudhoyono hingga sosok di era kolonial, Raymond Westerling.

Hotel Tjimahi, demikian nama tempat tersebut. Awalnya, Hotel Tjimahi merupakan sebuah villa dan kebun bunga yang dibangun oleh Nyi Raden Mardiah Singawinata, kemudian berganti nama menjadi Nyi Raden Fatimah Singawinata, pada 1800-an akhir.

Jejak Keluarga Bu Ani hingga Raymond Westerling di CimahiNyi Raden Fatimah Singawinata bersama suaminya, Veen seorang Belanda. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

Baru pada 1927, lahan seluas 3.300 meter persegi itu beralih fungsi menjadi hotel atau losmen. Saat itu kebutuhan penginapan menjadi salah satu faktor penunjang basis militer yang dibangun pemerintah Hindia Belanda dan juga perlintasan niaga di jalur Jalan Raya Pos.

Sekadar catatan, Hotel Tjimahi merupakan salah satu hotel tertua yang dibangun di Kota Cimahi. Sebelumnya, sekitar tahun 1889, di sebelah selatan Hotel Tjimahi dibangun Hotel Emma atau yang kini lebih dikenal sebagai Hotel Berglust. Lokasinya berada di Jalan Sukimun, Baros.


"Dulu omah yang membuat villa, belum dikomersilkan. Baru pada 1927, kami mendapatkan izin untuk mendirikan hotel," kata cucu dari Nyi Raden Fatimah, Thea GS, Minggu (1/12/2019).

Jejak Keluarga Bu Ani hingga Raymond Westerling di CimahiHotel Tjimahi yang sarat sejarah. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
(krs/sym)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA