Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Des 2019 07:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Andai Toilet di Tempat Wisata Indonesia Seperti Ini

Afif Farhan
detikTravel
Toilet di Pulau Lihaga (Afif Farhan/detikcom)
Toilet di Pulau Lihaga (Afif Farhan/detikcom)
Likupang - Lihaga adalah pulau kecil nan eksotis di Sulawesi Utara. Bukan hanya keindahan alam, toilet di sana pun sangat bersih dan nyaman. Juara!

Dalam undangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pekan lalu, detikcom diajak mengunjungi beberapa destinasi wisata di Sulawesi Utara. Salah satunya adalah Pulau Lihaga.

Untuk mencapai Pulau Lihaga, dapat ditempuh perjalanan sekitar 2 jam lebih dari Kota Manado. Kemudian, lanjut naik kapal dari pelabuhan di Desa Serei, Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara sekitar 15 menit.


Pulau Lihaga begitu eksotis. Pantainya landai berpasir putih, yang pasirnya begitu halus saat disapu dengan kaki.

Belum lagi lautan biru jernih dan terumbu karang berwarna-warni di bawah perairannya. Bisa snorkeling, serta diving di empat spot menyelam di sana.

Selamat datang di Pulau LihagaSelamat datang di Pulau Lihaga (Afif Farhan/detikcom)
Pulau Lihaga dikelola oleh swasta, yakni oleh Lihaga Beach Club. Beberapa fasilitas penunjang pariwisata terdapat di sana, salah satunya toilet. Toilet inilah yang mencuri perhatian saya dan awak media lain.

Toiletnya begitu sedap dipandang. Bahkan tampak dari luar, mungkin wisatawan tak menyangka kalau bangunan ini adalah toilet.



Sebelah kanan adalah toiletnyaSebelah kanan adalah toiletnya (Afif Farhan/detikcom)
Saya masuk ke dalam toiletnya, wah begitu bersih dan nyaman. Ada washtafel, toilet, dan shower tempat bilas. Toiletnya juga dijaga tetap kering, dengan beberapa petugas terlihat sigap membereskan air-air di lantai.

Saya bertanya pada Operational Manager Lihaga Beach Club, Theo Poling soal toilet di Pulau Lihaga. Sambil tersenyum, dia menjelaskan soal kebersihan toilet yang begitu diperhatikan.

"Simpelnya begini, kalau toilet bersih, wisatawan pasti betah dan merasa nyaman. Itu salah satu prinsip yang kita pegang," terang Theo.

Bagian dalam toiletnyaBagian dalam toiletnya (Afif Farhan/detikcom)


Tempat bilasnyaTempat bilasnya (Afif Farhan/detikcom)
Theo yang merupakan orang asli Labuan Bajo, sudah lama berkecimpung di dunia pariwisata. Oleh sebab itu, dia tahu kebutuhan wisatawan di tempat wisata adalah toilet.

"Apalagi tempat kita ini adalah pulau, artinya wisatawan pasti cari toilet untuk bilas dan sebagainya. Maka, kita sangat jaga toiletnya," terangnya.


Usut punya usut, air bersih begitu sulit ditemukan di Pulau Lihaga yang seluas hampir 6 hektar ini. Oleh sebab itu untuk memenuhi kebutuhan air, para petugas di pantainya harus membeli air dari Desa Serei.

"Kebutuhan air untuk toilet kita utamakan. Pengolahan limbah juga kita jaga. Jangan sampai pulau ini rusak," kata Theo yang juga merupakan sarjana biologi ini.

Tiket masuk ke Pulau Lihaga sebesar Rp 50 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp 100 ribu untuk turis mancanegara. Pulau Lihaga pun menjadi daya tarik di Destinasi Super Prioritas Likupang.

Andai Toilet di Tempat Wisata Indonesia Seperti IniFoto: (Afif Farhan/detikcom)
Ah andai, tempat wisata di Indonesia punya toilet seperti di Pulau Lihaga ini...

Simak Video "Kotamobagu Sulut Diguyur Hujan Es Saat Kemarau"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA