Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 07 Des 2019 07:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

11 Wisata di Kebumen yang Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Virgina Maulita Putri
detikTravel
11 Wisata di Kebumen yang Cocok untuk Liburan Akhir Tahun Foto: (EmDee/dTraveler)
11 Wisata di Kebumen yang Cocok untuk Liburan Akhir Tahun Foto: (EmDee/d'Traveler)
Jakarta - Merencanakan jalan-jalan atau pulang kampung ke Kebumen untuk liburan akhir tahun ini? Jangan khawatir mati gaya karena ada banyak destinasi wisata keren yang bisa kalian kunjungi selama liburan di Kebumen.

Kebumen sendiri merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan memiliki banyak pantai menawan. Tapi tidak hanya pantai, banyak destinasi wisata lainnya yang tidak kalah indah.



Berikut 11 destinasi wisata di Kebumen yang cocok untuk liburan akhir tahun seperti dirangkum detikTravel:

1. Waduk Sempor

Waduk Sempor sebenarnya telah lama menjadi salah satu destinasi wisata utama di Kebumen. Waduk yang terletak di daerah Gombong ini memiliki fungsi utama sebagai sarana irigasi bagi persawahan di sekitarnya, tapi memiliki nilai plus berupa pemandangan sekitar yang asri dan indah.

2. Goa Jatijajar

Sesuai namanya, goa ini terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Goa Jatijajar terbentuk dari bebatuan kapur dan untuk memasuki area goa yang indah cukup membayar Rp 5.000.

3. Pantai Karang Bolong

Sesuai namanya, daya tarik utama pantai ini adalah bukit karang yang bolong atau berlubang. Pantai ini terletak di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan. Selain bukit karang tersebut, pantai ini juga dikenal karena pemandangan yang indah dan suasana pantai yang sejuk karena pohon kelapa.

4. Bukit Pranji

Bukit Pranji merupakan tempat wisata yang cocok bagi kalian yang ingin mengejar matahari terbit dengan latar belakang perbukitan yang hijau. Bukit ini terletak Desa Pengaringan, Kecamatan Pejagoan.



5. Jembangan

Jembangan Wisata Alam terletak di desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno. Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat suasana di sekitar terasa adem. Di sini juga ada restoran apung dengan latar belakang yang sangat cantik.

6. Bukit Langit

Untuk kalian yang senang berburu matahari terbit atau terbenam dan ingin cari spot yang Instagramable di Kebumen, Bukit Langit bisa jadi pilihan. Destinasi wisata ini terletak di Desa Giripurno, Kecamatan Karanganyar.

Wisata di Kebumen untuk Liburan Akhir TahunWisata di Kebumen untuk Liburan Akhir Tahun Foto: Bambang Irwanto/d'Traveler


7. Pantai Menganti

Pantai Menganti di Kebumen terbilang cukup populer. Pantai ini dikenal karena pasirnya yang putih yang dipadukan dengan air berwarna biru serta dikelilingi bukit hijau dan tebing yang tinggi. Pantai Menganti terletak di Desa Karang Duwur, Kecamatan Ayah.

8. Pemandian Air Panas Krakal

Berwisata ke Kebumen jangan lupa berkunjung ke Pemandian Air Panas Krakal. Selain menenangkan, berendam di air panas alami juga bisa menghilangkan berbagai jenis penyakit kulit. Lokasi Pemandian Air Panas Krakal berada di Kecamatan Alian, tidak jauh dari Pasar Jaten.



9. Benteng Van Der Wijck

Benteng Van Der Wijck adalah benteng peninggalan kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1818. Benteng ini memiliki bangunan yang unik karena seluruhnya terbuat dari bata merah.

Selain untuk foto-foto, pengunjung juga bisa belajar sejarah di destinasi wisata ini. Benteng Van Der Wijck terletak di Kecamatan Gombong dan harga tiket masuknya dibanderol Rp 25.000.

10. Arung Jeram Padegolan

Bagi kalian yang mencari wisata yang memacu adrenalin bisa mencoba arung jeram di Sungai Padegolan. Wisata arung jeram ini terbilang masih baru, dibuka pada tahun 2018 lalu. Terletak di Desa Sendang Dalem, air sungai ini berasal dari Waduk Wadaslintang.

11. Pantai Petanahan

Destinasi wisata seru di Kebumen lainnya adalah Pantai Petanahan yang sejuk karena dikelilingi banyak pohon. Beda dengan pantai pada umumnya, pasir di Pantai Petanahan berwarna abu-abu kehitaman. Pantai ini berlokasi di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan.

Simak Video "Kerajinan Cantik dari Bambu, Kebumen"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/pay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA