Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Des 2019 10:14 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Skotlandia? Bukan, Ini di Waduk Jatiluhur

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Waduk Jatiluhur di Purwakarta (Randy/detikcom)
Purwakarta - Indonesia punya banyak destinasi yang mirip dan tak kalah dengan di luar negeri. Contohnya seperti Waduk Jatiluhur di Purwakarta. Ala-ala Skotlandia.

Traveler penikmat film spionase James Bond mungkin sudah tak asing dengan nama Skotlandia yang kerap tampil di beberapa filmnya. Sebut saja Glencoe yang didominasi padang rumput dan perbukitan di kanan kiri.


Apabila belum bisa liburan ke sana, mungkin tak ada salahnya traveler mampir ke Waduk Jatiluhur di Purwakarta. Saat musim hujan seperti sekarang, Waduk Jatiluhur sekilas mirip dengan lanskap di Skotlandia.

Suasana itu pun disaksikan detikcom saat berkunjung ke sana beberapa waktu lalu. Suasana langit yang mendung saat itu pun berhasil menyulap Waduk Jatiluhur jadi berkabut tipis seperti di luar negeri.

Skotlandia? Bukan, Ini di Waduk JatiluhurFoto: Johanes Randy

Kontras dengan suasana waduk di musim kemarau yang cenderung kering dan kuning, Waduk Jatiluhur di musim hujan lebih didominasi warna hijau serta kabut dan hujan rintik-rintik yang begitu syahdu.

Carilah salah satu sudut di dekat waduk dan lihat sekeliling kamu. Mungkin kamu akan bertanya, apa benar ini masih di Indonesia? Khususnya untuk orang yang belum pernah liburan ke Waduk Jatiluhur sebelumnya, pasti juga akan mendapat impresi yang sama.

Selain panorama yang hijau dan nuansa sejuk di musim hujan, tentunya kita juga jangan melupakan fakta menarik lain seputar Waduk Jatiluhur. Dibangun tahun 1957, waduk ini sekaligu merupakan yang terbesar di Indonesia.

Skotlandia? Bukan, Ini di Waduk JatiluhurFoto: Johanes Randy
Fakta menarik lainnya, waduk ini merupakan waduk serbaguna pertama dan dibangun oleh kontraktor asal Prancis kala itu. Waduk ini pun hadir dengan membendung Sungai Citarum dengan DAS seluas 4.500 km persegi.

Hanya sayang, masih tampak sampah plastik yang ditinggalkan pengunjung di area waduk yang mengurangi keindahan. Padahal kalau bersih, Waduk Jatiluhur ini benar-benar cantik dan tak kalah dengan Skotlandia.

Apabila tidak percaya, cobalah traveler mampir langsung ke Waduk Jatiluhur di Purwakarta. Harga tiket masuknya adalah Rp 15 ribu per orang (Senin-Jumat) dan Rp 20 ribu per orang saat weekend dan tanggal merah.

Tersedia juga sejumlah penginapan hingga restoran yang ada di sekitar waduk. Tentunya traveler tidak usah takut kelaparan atau seandainya ingin mencari penginapan di sekitar waduk.

Cara ke Waduk Jatiluhur Purwakarta:

Untuk mencapainya, traveler bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju Purwakarta. Bisa juga memotong jalan via Tol Padalarang dan keluar di exit Tol Jatiluhur.




Simak Video "Waspada! Tinggi Air Waduk Jatiluhur Menyusut Hingga di Bawah Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA