Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Des 2019 06:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

11 Tempat Wisata di Kudus yang Hits untuk Liburan Akhir Tahun

11 Tempat Wisata di Kudus yang Hits untuk Liburan Akhir Tahun Foto: (Muhammad Ikhsan Burhanudin/d'Traveler)
Jakarta - Ada banyak kota di Indonesia dengan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan akhir tahun. Salah satunya Kudus yang berada di Jawa Tengah.

Kota ini mungkin lebih dikenal dengan wisata religinya, tapi ada juga wisata alam nan kekinian yang bisa kalian kunjungi. Berikut 11 tempat wisata di Kudus yang cocok untuk liburan akhir tahun:



1. Wana Wisata Ternadi

Wana Wisata Ternadi cocok untuk kalian yang ingin mencari pemandangan pegunungan yang hijau dan asri. Ditambah dengan suhunya yang sejuk semakin membuat wisatawan betah.

Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Dawe, Kudus. Di sini, kalian bisa mengambil banyak foto dengan properti yang disediakan seperti panggung I LOVE U, perahu kayu dan bunga matahari raksasa.

2. Gray Canyon

Jika di Amerika Serikat ada Grand Canyon, di Kudus ada juga Gray Canyon. Destinasi wisata yang terletak di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Jekulo ini merupakan area tambang baru dan pasir yang diubah menjadi tempat wisata yang populer.

Sisa-sisa galian meninggalkan tebing-tebing cantik yang Instagramable. Waktu terbaik mengunjungi Gray Canyon adalah sore hari, sembari menunggu matahari terbenam.

3. Desa Wisata Rahtawu

Berada di ketinggian 1.627 mdpl membuat Desa Wisata Rahtawu memiliki udara yang sejuk dan segar. Desa wisata ini berlokasi di lereng Gunung Muria, tepatnya di Kecamatan Gebong, Kudus.

Desa ini menyuguhkan pemandangan pegunungan yang hijau dan asri yang cocok untuk foto-foto. Selain itu, Desa Wisata Rahtawu juga memiliki pemandian alam Kedung Gong yang cocok untuk main air.

4. Puncak Natas Angin, Gunung Muria

Bagi kalian yang suka wisata alam dan mendaki, wajib mengunjungi Puncak Natas Angin yang merupakan salah satu puncak Gunung Muria. Medan menuju puncak ini terbilang menantang dan dibutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk mencapainya. Tapi begitu tiba di puncak, rasa lelah akan terbayarkan dengan pemandangan keren dan lautan awan yang menyambut.


5. Museum Kretek Kudus

Jika ingin wisata sejarah dan edukasi saat berlibur di Kudus, bisa kunjungi Museum Kretek. Museum ini berlokasi di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kudus. Sesuai namanya, museum ini memiliki koleksi yang identik dengan rokok seperti peralatan pembuatan rokok zaman dulu dan diorama proses pembuatan rokok.

6. Masjid Menara Kudus

Liburan ke Kudus tidak lengkap tanpa mengunjungi destinasi wisata ikonik ini. Masjid Menara Kudus terletak di Kelurahan Kauman, Kecamatan Kudus dan terkenal karena memiliki tampilan yang berbeda dengan tempat ibadah lainnya.

Menara ini memiliki corak Hindu dan menyerupai candi khas Jawa Timur dengan penggunaan batu bata merah yang khas.

7. Wana Wisata Kajar

Tempat wisata ini sebenarnya berfungsi sebagai bumi perkemahan. Tapi karena keindahan pemandangannya, Wana Wisata Kajar menjadi populer di kalangan traveller. Wana Wisata Kajar berlokasi di Desoyo, Jalan Raya Kudus-Colo, Kajar, Dawe.

Kawasan ini berada di ketinggian 600 mdpl sehingga suhunya sangat adem. Tidak hanya itu, kawasan wisata ini juga dikelilingi banyak pepohonan pinus yang membuat suasananya menjadi lebih sejuk.

8. Air Terjun Montel

Di kawasan Gunung Muria ada air terjun cantik yang sayang untuk dilewatkan. Air Terjun Montel memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan dikelilingi pemandangan yang sangat cantik.


9. The Hills Vaganza

Jika berlibur akhir tahun bersama keluarga, The Hills Vaganza bisa dikunjungi. Destinasi wisata ini terbilang cukup baru tapi memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Di sini tersedia area outbond, area bermain dan kolam renang. Selain itu ada juga spot foto-foto yang keren dan kafe yang dikelilingi suasana hijau Gunung Muria.

10. Taman Sardi

Taman Sardi bisa menjadi destinasi wisata pilihan jika kalian ingin foto-foto atau sekedar bersantai. Berlokasi di Dusun Watulumpang, destinasi wisata ini memiliki landmark ikonik berupa Menara Pisang. Di taman ini kalian bisa menemukan taman hutan yang luas, area outbond dan bermain serta area perkemahan.

11. Museum Jenang

Kudus identik dengan jenang, cemilan tradisional yang manis dan legit. Di kota asalnya telah dibangun Museum Jenang yang menampilkan proses pembuatan jenang, perlengkapan yang digunakan dan koleksi kemasan yang digunakan dari masa ke masa. Museum Jenang berada di Jalan Sunan Muria, 33, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus.

Simak Video "Sedap Nikmat Soto Gentong, Kuliner dari Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA