Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Des 2019 08:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Hutan Pinus Puncak Jahim Ciamis, Ijo Royo-royo yang Menyegarkan

Dadang Hermansyah
detikTravel
Hutan Pinus Puncak Jahim di Ciamis, yang bisa jadi opsi untuk liburan akhir tahun. (Foto: Dadang Hermansyah /detikcom)
Hutan Pinus Puncak Jahim di Ciamis, yang bisa jadi opsi untuk liburan akhir tahun. (Foto: Dadang Hermansyah /detikcom)
Ciamis - Penatnya rutinitas memang paling pas jika diganti dengan kesegaran dari hutan pinus. Di Ciamis ada Puncak Jahim yang asri dan menyegarkan. Hutan Pinus Puncak Jahim ini juga bisa jadi pilihan untuk liburan akhir tahun lho.

Keindahan alam Hutan Pinus Puncak Jahim, Kabupaten Ciamis, menjadi salah satu lokasi yang wajib dikunjungi. Tempat ini menjadi favorit warga untuk beristirahat selepas perjalanan jauh.

Puncak Jahim berada di daerah perbatasan tepatnya di Jalan Raya Sukamantri, Ciamis-Majalengka, Jawa Barat. Jalan ini juga digunakan sebagai jalur alternatif warga Ciamis dan Tasikmalaya menuju Cirebon dan sekitarnya.


Dari pusat kota Ciamis, wisatawan bisa tempuh sekitar 1 jam lebih perjalanan menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi. Namun untuk kendaraan umum menuju lokasi masih terbatas. Tidak ada tarif atau tiket untuk mengunjungi lokasi ini alias bebas. Bisa dikatakan Puncak Jahim ini digunakan sebagai rest area.

Puncak jahim ini merupakan area milik Perhutani merupakan hutan produksi. Di kelilingi dengan pohon pinus berukuran tinggi. Puncak Jahim menjadi tempat yang cocok untuk melepas lelah setelah perjalanan jauh. Karena selain teduh, juga memiliki udara yang masih sejuk dan dingin meski pada siang hari.

Segarnya Ijo Royo-royo di Puncak Jahim CiamisHutan Pinus Puncak Jahim di Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah /detikcom)

Para wisatawan dari Ciamis atau Majalengka, terutama muda-mudi biasa berkunjung pada akhir pekan. Mereka sengaja datang untuk berfoto-foto di lokasi tersebut. Bahkan ada juga rombongan keluarga yang sengaja membawa bekal nasi dan makan bersama di puncak Jahim.

"Biasanya ramai pada hari Sabtu dan Minggu. Banyaknya anak muda, dari Ciamis, Panjalu atau dari Majalengka ke sini, ngopi, foto-foto," ujar warga sekitar, Budi Yulianto, yang biasa menjaga warung di puncak Jahim, Kamis (12/12/2019) kemarin.

Di Puncak Jahim ini terdapat sebuah situs bersejarah yakni Batu Panjang. Lokasinya sekitar 50 meter dari jalan raya. Situs Batu Panjang ini memiliki keunikan tersendiri. Terdapat sejumlah batu berukuran besar berbentuk bulat panjang dan persegi.

Segarnya Ijo Royo-royo di Puncak Jahim CiamisPesona Hutan Pinus Puncak Jahim. (Foto: Dadang Hermansyah /detikcom)

Posisinya ada yang berdiri dan terlentang. Diduga situs ini peninggalan Zaman Megalitikum. Namun banyak orang tak mengetahui keberadaan situs tersebut.

"Kalau ke Situs Batu Panjang jaraknya dekat, paling 50 meter. Ada juga pengunjung ke sini menanyakan situs, saya tunjukan jalannya," ucap Budi.

Selain Puncak Jahim, wisatawan juga bisa menikmati keindahan perkebunan di Sukamantri. Mengingat daerah ini merupakan salah satu daerah agribisnis di Kabupaten Ciamis.

Terdapat berbagai jenis sayuran yang ditanam seperti tomat, cabai, kol, bawang dan lainnya. Jadi untuk oleh-olehnya, wisatawan bisa membeli sayuran langsung dari kebunnya.

Segarnya Ijo Royo-royo di Puncak Jahim CiamisEloknya pemandanan dari Puncak Jahim. (Foto: Dadang Hermansyah /detikcom)

Salah seorang wisatawan asal Sadananya, Ciamis, Yuliana, mengaku baru pertama kali berkunjung ke Puncak Jahim. Ia hanya mendengar dan melihat di media sosial saja. Karena lokasinya yang cukup jauh dan baru bisa datang ketika memiliki waktu yang senggang.

"Penasaran ingin kesini sudah lama, tapi baru bisa sekarang. Tempatnya enak, pemandangan bagus, udara sejuk. Ternyata di Ciamis juga ada lokasi yang mirip di Bandung," ujar Yuliana saat berkunjung bersama temannya menggunakan sepeda motor.

Warga lainnya, Irfan, dari Majalengka, sengaja datang ke Puncak Jahim untuk sesi pemotretan. Ia memilih lokasi tersebut karena cocok untuk latar belakang foto, banyak pohon pinus yang cukup tinggi.

"Ke sini saja, lokasinya bagus untuk pemotretan. Memang sudah lama tau tempat ini, jadi kalau ada pemotretan salah satu pilihannya ke sini," ucapnya.

Simak Video "Australia Selamatkan Pinus Purba dari Kebakaran Hutan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA