Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 21 Des 2019 17:31 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pedagang di Pantai Anyer Bersedih, Pulang Bawa Uang Rp 2 Ribu

Bahtiar Rifa'i
detikTravel
Pusat oleh-oleh yang sepi di kawasan Anyer, Serang, Banten (Foto: Bahtiar Rivai/detikcom)
Serang - Sektor pariwisata di kawasan Pantai Anyer belum bangkit pasca-tsunami. Ada seorang pedagang bersedih karena hanya membawa uang Rp 2.000 setelah seharian bekerja.

Efek tsunami Anyer yang melanda 22 Desember 2018 juga dialami oleh warga. Penghasilan usaha yang biasa mengandalkan wisatawan ambruk karena pantai sepi.

Penjual aneka minuman segar, Asnawati, warga Cibeureum, Kecamatan Cinangka, Serang mengaku sulit mendapat untung dari hasil jualan. Sebelum tsunami Selat Sunda, sehari ia dan suami bisa mendapat untung Rp 200-300 ribu dari hasil jualan. Tapi belakangan, ia cuma mendapat Rp 20 ribu.

"Kemarin jualan cuma dapat 20 ribu. Pas pulang ban motornya bapak meletus, eh bawa uang ke rumah cuma Rp 2 ribu," kata Asnawati saa bercerita di Anyer, Serang, Banten, Sabtu (21/12/2019).


Di akhir pekan bahkan untung dari jualannya bisa sampai Rp 1 juta. Uang sebanyak itu ia gunakan untuk membayar cicilan kendaraan termasuk biayai anak sekolah. Lagi-lagi, manisnya berjualan ke wisatawan tak pernah ia rasakan selama setahun tsunami.

Pedagang di Pantai Anyer Bersedih, Pulang Bawa Uang Rp 2 RibuLapak pedagang di Pantai Anyer (Foto: Bahtiar Rivai/detikcom)

"Sekarang sepi, nggak kebayar hutang karena keteter," katanya sambil mengeluh.


Begitu pun yang dirasakan Marawan penjual baso di Pantai Mercusuar Bojong. Jualannya bahkan tak pernah habis pasca terjadi tsunami. Dalam sehari berjualan di pantai, ia paling cuma mendapa Rp 100 ribu.

"Sekarang boro-boro mau abis jualan, jualan paling dapat seratus ribu, itu pun setoran tujuh puluh ribu," ujarnya.

Namun menurutnya, lambat laun pengunjung sudah mulai ramai khususnya akhir pekan. Di hari-hari itu katanya mereka sangat berharap dagangannya laku.

Simak Video "Lima Pelaku Pembacokan yang Tewaskan Warga di Serang Diringkus"
[Gambas:Video 20detik]
(bri/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA