Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 31 Des 2019 10:39 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mau Uji Adrenalin di Kudus, Main Saja ke Perbukitan Patiayam

Akrom Hazami
detikTravel
Menerabas Perbukitan Patiayam Kudus dengan mobil Jip (Foto: Akrom Hazami/detikcom)
Menerabas Perbukitan Patiayam Kudus dengan mobil Jip (Foto: Akrom Hazami/detikcom)
Kudus - Mau uji adrenalin untuk mengisi liburan Natal dan tahun baru? Kabupaten Kudus, Jawa Tengah punya petualangan menggunakan mobil Jip menerabas Perbukitan Patiayam. Cocok untuk isi liburan akhir tahun.

Lokasinya di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Jika Anda benar-benar penasaran, silakan saja mendatangi lokasi tersebut, tepatnya di Patiayam Adventure.

Perwakilan Patiayam Adventure, Ahmad Faridiansyah, mengatakan, pihaknya menawarkan sensasi bertualang ke Perbukitan Patiayam menggunakan mobil Jip.

"Di Patiayam Adventure ditawarkan paket naik Jip mulai dari harga dari Rp 175 ribu-Rp 300 ribu per jipnya. Bisa diisi 3-4 orang. Dengan rute sekitar Patiayam," kata Faridiansyah, di depan lokasi Patiayam Adventure.

Mau Uji Adrenalin, Bertualanglah ke Perbukitan Patiayam KudusPerbukitan Patiayam di Kudus. (Foto: Akrom Hazami/detikcom)

Dengan bertualang pakai jip itu, kata dia, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam di sekitar rute. Contohnya ada Sendang Pengilon, dan air terjun Grenjengan, Gua Dalem, dan Gua Jepang.

"Di sana, kami menyediakan tenda, hammock, dan wisatawan bisa berfoto di lokasi-lokasi tersebut," ujarnya.

Wisatawan bisa memacu adrenalin dengan trek yang menegangkan. Untuk musim liburan seperti sekarang, terjadi antrean wisatawan dari Klaten, Kudus, dan sekitarnya.


Detikcom mencoba sendiri petualangan menggunakan mobil Jip keliling Perbukitan Patiayam. Dengan durasi sekitar dua jam lamanya, pemandangan alam terlihat menghampar di sepanjang rute.

Permukaan jalan mulanya mulus, kemudian beralih bebatuan, lumpur, hingga jalan yang mengeras serta hanya menyisakan barisan lubang seukuran ban sepeda motor bebek. Di beberapa titik jalannya naik dan turun serta ada yang menikung pula.

Dua unit mobil Jip terisi penuh pengunjung. Beberapa kali si pengemudi harus menaklukkan ganasnya medan jalan. Benar-benar menguji adrenalin.

Mau Uji Adrenalin, Bertualanglah ke Perbukitan Patiayam KudusPerbukitan Patiayam di Kudus. (Foto: Akrom Hazami/detikcom)

Ketika sampai di depan Sendang Pengilon, salah satu rombongan wisatawan turun. Mereka bersama keluarga mendirikan tenda dan hammock untuk menikmati suasana alam yang damai.

Ihwan Nur, wisatawan dari Cibubur Jakarta, mengaku menikmati suasana Patiayam bersama Patiayam Adventure. "Dalam rangka mengisi liburan anak-anak. Memanfaatkan waktu libur ini," kata Ihwan di depan Sendag Pengilon.

Menurut dia, spot yang tersedia benar-benar menantang. Sehingga dia sekeluarga merasakan tantangan yang luar biasa. "Karena saya sendiri belum pernah naik jip dengan elevasi yang sangat tinggi. Apalagi turun hujan juga. Jadi agak dagdigdug juga," ungkapnya.


Meski demikian, istri, dan anak-anaknya merasa menikmati perjalanan wisata adrenalinnya. Dia berharap jika wisata di Patiayam ini bisa lebih terkenal dan lebih banyak dikunjungi wisatawan.

"Objek wisata alamnya masih virgin, sangat natural, dan memang perlu di-develop. Banyak pepohonan yang sudah tinggi dan sudah tua. Perlu reboisasi juga. Perlu dilestarikan dari pemerintah dan partisipasi masyarakat," kata dia.

"Saya memilih wisata di sini karena ini termasuk wisata yang baru, untuk mencoba di Patiayam Adventure, di Desa Terban ini. Bersama keluarga saya," ujarnya.




Simak Video "Keseruan Pengunjung Nikmati Wahana di Dufan Saat Libur Nataru"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA