Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Jan 2020 08:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Hungaria, Negara Penghasil Wine Termahal Dunia

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: Royal Tokaji Wine Company/CNN
Foto: Royal Tokaji Wine Company/CNN
Budapest - Wine atau minuman anggur terbaik pasti berharga mahal. Di Hungaria, ada sebotol wine yang dihargai USD 40 ribu atau Rp 550 juta.

Diberitakan CNN, pembuat anggur dari Hungaria, Royal Tokaji Wine Company, mengatakan tiap botol edisi terbatas dari Essencia 2008 sangatlah bernilai. Hanya ada 20 botol yang berisi 1,5 liter.

Kemasan wine itu dirancang oleh seniman Hungaria, James Carcass. 18 di antaranya dirilis tahun lalu. Sebagai anggur termahal di dunia saat peluncuran, Essencia 2008 adalah anggur termahal yang disiapkan untuk dijual pada 2019.


Tiap botol akan dikemas dalam kotak hitam yang dipernis buatan tangan. Artinya tidak ada satupun yang benar-benar identik. Sekitar 11 botol sudah dijual, Royal Tokaji akan menjual tujuh sisanya sebelum tanggal kedaluwarsa wine pada tahun 2300.

Apa yang bikin wine Hungaria mahal?

Keajaiban alam, Essencia dibuat di wilayah perkebunan anggur Tokaj, di timur laut Budapest, Hongaria. Perjalanan sehari ke sana sangatlah populer bagi para wisatawan.


Wine manis yang diproduksi di sini bergantung pada botrytis cinerea atau pembusukan mulia. Itu akan mengeringkan anggur pada pokok anggur, mengerut dan menjadi sesuatu yang tampak seperti kismis coklat.

Hanya anggur aszo terbaik yang digunakan untuk Essencia. Pengunjung dapat melakukan tur ke kilang anggur, yang terletak sekitar dua setengah jam perjalanan dari Budapest dan tentu mencicipinya.

Kebun anggur di Royal Tokaji Wine CompanyKebun anggur di Royal Tokaji Wine Company (Foto: Royal Tokaji Wine Company/CNN)

Essencia hanya dapat diproduksi dalam beberapa tahun seklai. Itu tergantung dengan kondisi cuaca yang kurang lebih sempurna untuk botrytis dan 2008 jadi penanda tahun yang sangat tepat.

Sekitar satu kilogram anggur aszu yang sangat matang hanya dapat menghasilkan satu sendok teh wine. Diperlukan sekitar 20 kilogram anggur untuk sebotol wine 37,5 centiliter, biasanya mengandung sekitar 3% alkohol.

Ada begitu proses dalam pembuatan wine ini, seperti proses fermentasi. "Essencia ini dibotolkan setelah delapan tahun pematangan. Ini adalah Essencia yang sedikit tidak biasa karena memiliki volume alkohol yang lebih tinggi, sekitar 4%," jelas Zoltan Kovacs, manajer umum di Royal Tokaji Winery.


Panen anggur berharga

Royal Tokaji harus mendapatkan izin khusus dari pemerintah Hongaria untuk membotolkan Essencia dalam wadah 1,5 liter. Undang-undang saat ini hanya memungkinkan kapasitas maksimumnya sebanyak 0,5 liter.

Mereka yang membeli dan menghabiskan USD 40.000 untuk sebotol wine sangatlah sedikit. Contoh, department store kelas atas London, Fortnum & Mason baru-baru ini membeli salah satunya, seorang kolektor Beijing jad pembeli individu pertama.

Wine mahal dari Royal Tokaji Wine CompanyWine mahal dari Royal Tokaji Wine Company (Foto: Royal Tokaji Wine Company/CNN)

Essencia menawarkan tanggal kedaluwarsa yang sangat menarik (2300) karena tingkat gula dan keasamannya yang tinggi. Tentu wine ini akan bernilai lebih mahal di tahun mendatang.

Saat seorang kolektor menambahkan satu botol wine ke gudang bawah tanah mereka, seberapa besar kemungkinan mereka untuk meminumnya? Menurut Charlie Mount, direktur pelaksana Royal Tokaji, botol pertama yang dijual dibuka di pesta Tahun Baru China tidak lama setelah klien menerimanya.

"Menyakitkan bagi saya ketika ada sesuatu yang dipajang. Anggur dibuat untuk diminum. Jika ingin, simpanlah untuk acara khusus," katanya.

Essencia 2008 tersedia dengan ukurann sendok di berbagai restoran dan hotel di Amerika Serikat dan Italia. Perusahaan anggur Royal Tokaji berlokasi di Mad, Hungaria.




Simak Video "Perpaduan Unik Keju Yogyakarta dengan Wine Australia dan Selandia Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA