Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Jan 2020 17:16 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukit Sidoguro, Destinasi Wisata Klaten yang Sedang Hits

Achmad Syauqi
detikTravel
Bukit Sidoguro di Klaten (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Bukit Sidoguro di Klaten (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten - Selain kaya objek wisata mata air dan candi-candi megah, Kabupaten Klaten memiliki satu lagi destinasi wisata yang sedang hits. Namanya Bukit Sidoguro, sebuah bukit batu karst yang menjulang di ketinggian sekitar 300 mdpl.

Bukit kapur ini sebenarnya bukan destinasi yang benar-benar baru. Sejak puluhan tahun silam Bukit Sidoguro sudah dikenal luas wisatawan.

Destinasi wisata itu jadi diperbarui dan lebih instagramable sejak Pemkab Klaten melakukan penataan tanggal 7 Februari 2019 sampai 7 Desember 2019. Tak kurang dari Rp 2, 8 miliar anggaran dari dana alokasi khusus (DAK) digelontorkan ke Bukit Sidoguro.

Jadilah, bukit di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat itu sejak diresmikan tanggal 29 Desember 2019 sebagai magnet bagi ribuan pengunjung. Tidak hanya wisatawan lokal tetapi juga luar daerah.


Menjulang persis di sisi utara objek wisata air Rawa Jombor, bukit batu kapur putih itu cukup mudah dijangkau. Jaraknya dari pusat Kota Klaten hanya sekitar 15 kilometer ke arah selatan.

Bukit yang juga sering disebut Bukit Turis itu bisa ditempuh 15 menit dari terminal induk Kabupaten Klaten. Akses jalan yang memadai memudahkan wisatawan mencapai lokasi.

Di kaki bukit, pengunjung akan menemukan ceruk sisa erosi air berusia ratusan atau mungkin ribuan tahun lalu. Di pintu masuk, pengunjung cukup membayar tiket Rp 5.000 per orang.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kebakaran Misterius di Kantor Korpri Klaten, Polisi Turun Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA