Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Jan 2020 13:37 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pulau Karampuang di Mamuju, Surganya Wisata Air

Abdy Febriady
detikTravel
Foto: Abdy Febriady/detikcom
Mamuju - Saat jalan-jalan ke Mamuju, mampirlah ke Pulau Karampuang. Takkan rugi karena wisata Pulau Karampuang menawarkan panorama jelita, terutama kekayaan alam bawah lautnya.

Pulau Karampuang terletak di Desa Karampuang, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju. Pulau seluas lebih kurang 6 kilometer ini dapat dijangkau selama 15 menit dari Pelabuhan Mamuju dengan menggunakan perahu mesin, yang oleh warga setempat dikenal dengan nama taxi.

Sesampainya di Pulau Karampuang, pengunjung disambut dermaga kayu sepanjang 150 meter yang menjorok ke laut. Dengan menyusuri dermaga, pengunjung dapat menikmati panorama alam dengan lautnya yang biru, seraya menikmati semilir angin laut pulau yang konon berbentuk seperti buaya.


Salah satu daya tarik Pulau Karampuang di Mamuju ini adalah kekayaan alam bawah lautnya. Wisatawan yang berkunjung dijamin puas menikmati wisata air di sana.

Traveler akan sulit menahan godaan untuk menceburkan diri. Bukan apa-apa, salah satu wisata Pulau Karampuang yang menonjol adalah hamparan terumbu karang warna-warni dengan ratusan jenis ikan kecil yang berenang bebas. Sungguh surga bawah laut yang sayang untuk dilewatkan.

Pulau Karampuang di Mamuju, Surganya Wisata AirWisata air Pulau Karampuang di Mamuju. (Foto: Abdy Febriady/detikcom)

Sensasi berenang di antara ratusan ikan kecil yang berenang secara berkelompok, yang akan selalu mendekat saat diberi makan, bakal jadi kenangan tak terlupakan saat melancong ke Pulau Karampuang. Itu semua dapat dinikmati sambil bersnorkling di sekitar dermaga, hanya pada kedalaman beberapa meter saja.

Simak salah satu kesan salah satu pengunjung cilik bernama Jeslin. Ia mengaku rutin datang ke Pulau Karampuang setiap pekan untuk untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya.

"Tadi habis berenang sambil snorkling. Tiap pekan ke sini sama papi dan mami, lihat ikan dalam air. Ada ikan nemo dan terumbu karang," ujarnya.


Pemandu wisata Pulau Karampuang, Mushhaf Darusman, mengatakan bahwa kekayaan alam bawah laut Pulau Karampuang memang senantiasa menjadi magnet buat para pengunjung

"Pulau Karampuang memiliki potensi sumber daya alam, khususnya di bawah air. Ikan-ikannya melimpah, terumbu karangnya juga bagus, spot buat nyelam juga keren. Alhamdulillah tingkat kunjungan wisatawan semakin meningkat," kata Mushaf yang akrab disapa Ucca.

Pulau Karampuang di Mamuju, Surganya Wisata AirAda pemandangan jelita bawah air di Pulau Karampuang. (Foto: Abdy Febriady/detikcom)

Untuk menambah daya tarik pengunjung, pemerintah setempat juga melengkapi kawasan wisata Pulau Karampuang dengan sejumlah fasilitas olah raga air seperti perlengkapan Snorkling, Diving, Banana Boat, hingga Jetski. Itu semua dapat disewa dengan harga terjangkau. Di pesisir pulau ini, juga terlihat sejumlah gazebo berukuran mini. Cocok banget menjadi tempat bersantai para pengunjung sambil menikmati keindahan panorama laut lepas Pulau Karampuang.

Penasaran? Yuk main ke Pulau Karampuang di Mamuju!

Pulau Karampuang di Mamuju, Surganya Wisata AirPerahu mesin menuju Pulau Karampuang. (Foto: Abdy Febriady/detikcom)




Simak Video "Cabuli Anak Tirinya Berkali-kali, Petani di Mamuju Diamankan"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA