Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Jan 2020 10:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tempat Wisata Pangandaran Ini Lokasi Favorit Syuting Film Kolosal

Faizal Amiruddin
detikTravel
Kawasan wisata Karang Tirta (Faizal Amiruddin/detikcom)
Pangandaran - Kawasan Karang Tirta tak semata destinasi wisata saja. Dulunya tempat wisata ini merupakan lokasi syuting favorit film laga kolosal lho.

Berwisata ke pantai Pangandaran jangan lewatkan untuk berkunjung ke objek wisata Karang Tirta. Lokasinya terletak di Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran atau terletak diantara perjalanan Pangandaran menuju wisata Citumang.


Satu hal yang menjadi daya tarik wisata Karang Tirta ini adalah kawasan perkebunan yang mirip hutan belantara karena keberadaan vegetasi yang rimbun dan pepohonan besar. Lokasi ini pada tahun 80 sampai 90-an sering dijadikan setting atau lokasi syuting film-film laga kolosal.

"Film pertama yang syuting di sini saya ingat adalah film Pendekar Kelelawar, syuting sekitar tahun 1976. Saya masih remaja. Ingat bintang filmnya adalah Yati Surahman. Wah dulu cantiknya bukan main," kata Kakas (58) warga setempat.

Lokasi Favorit Syuting Film Laga Ada di PangandaranFoto: (Faizal Amiruddin/detikcom)

Sejak saat itu kawasan Karang Tirta menjadi sering jadi lokasi film laga bertema kerajaan jaman dulu. "Ada film Saur Sepuh yang sampai melibatkan warga untuk ikut main film. Advent Bangun, Barry Prima sering main film disini," kata Kakas. Film terakhir yang mengambil lokasi di Karang Tirta adalah film Patriot, sebuah film perang.

Kakas menjelaskan belakangan ini Karang Tirta tak lagi digunakan syuting film karena kondisi hutannya yang mulai terusik oleh pembangunan hunian baik perumahan warga atau penginapan. "Sekarang spot hutan belantaranya tinggal sedikit. Mungkin itu penyebab jadi jarang digunakan syuting film. Atau mungkin memang tak ada lagi yang membuat film pendekar-pendekar seperti dulu," kata Kakas.

Di samping itu wisata Karang Tirta juga memiliki daya tarik wisata berupa aktifitas warga yang menjaring ikan dengan alat tradisional bernama Jodang atau jaring sirib berukuran besar. "Karang Tirta itu muara kecil, akhir dari sungai Citonjong. Muaranya dekat sekali ke laut," kata Toto, nelayan jodang.

Lokasi Favorit Syuting Film Laga Ada di PangandaranFoto: (Faizal Amiruddin/detikcom)

Jaring jodang yang dia gunakan selama ini menjadi sumber penghidupan bagi keluarganya. "Ya lumayan, bisa dapat udang atau ikan. Cukup untuk kebutuhan sehari-hari," kata Toto.

Wisatawan yang berkunjung pun bisa membeli langsung ikan segar hasil tangkapan jaring jodang tersebut. Kebanyakan ikan tangkapannya adalah ikan balanak, mangmung dan lainnya. Metoda ngajodang pun cukup menarik untuk disaksikan bahkan wisatawan bisa mencoba mengangkat jaring sendiri.

Lokasi Favorit Syuting Film Laga Ada di PangandaranFoto: (Faizal Amiruddin/detikcom)




Simak Video "Hiii... Ada 'Pocong' di Unjuk Rasa Mahasiswa Cilegon"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA