Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Jan 2020 20:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Heboh Foto Borobudur, Ini 6 Gunung di Sekitarnya

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Penampakan Gunung Merapi yang cerah, Jumat (17/1/2020).
Foto: Dok Sugeng Bambang/warga
Magelang -

Media sosial tengah dihebohkan oleh foto Candi Borobudur berlatar gunung yang dicurigai adalah editan. Mari kita kenal dahulu gunung-gunung yang ada di sekitarnya.

Sebuah foto karya fotografer asing @jerre_stead berlatar Candi Borobudur dengan gunung lancip mendadak viral di Instagram. Setelah diunggah ulang oleh akun Instagram resmi Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), fotonya tersebut malah mendapat banyak kritikan dari warganet.

Sejumlah pejalan populer seperti Sutiknyo @lostpacker, Marischka Prudence hingga fotografer senior Arbain Rambey pun ikut buka suara terkait foto yang dicurigai merupakan editan tersebut.

Informasi pasti terkait keberadaan gunung lancip itu pun masih simpang siur. Hanya saja, kawasan Candi Borobudur di Magelang memang dikelilingi oleh sejumlah gunung. Dikumpulkan detikcom, Kamis (30/1/2020), berikut 6 gunung yang ada di sekitar Candi Borobudur:


1. Gunung Merapi

Heboh Foto Borobudur, Ini 6 Gunung di SekitarnyaFoto: Dok Sugeng Bambang/Pegiat wisata Gunung Merapi.



Pertama adalah Gunung Merapi yang memiliki ketinggian 2.930 Mdpl. Gunung Merapi masuk ke sejumlah kabupaten di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Posisinya sendiri ada di sisi Barat Kabupaten Magelang.

Secara jarak, Gunung Merapi merupakan yang terdekat jaraknya dari Magelang. Hanya saja, puncaknya kini sudah tak selancip dulu pasca letusan Merapi yang terakhir.

2. Gunung Merbabu

Heboh Foto Borobudur, Ini 6 Gunung di SekitarnyaFoto: Pradikta Kusuma/d'travelers



Berikutnya adalah Gunung Merbabu yang memiliki ketinggian 3.145 Mdpl. Bagian Barat Gunung Merbabu masuk ke Kabupaten Magelang, sedangkan bagian Timurnya masuk Kabupaten Boyolali.

Gunung Merbabu pun masuk jajaran gunung tertinggi di Jawa Tengah. Dari puncaknya kamu bisa melihat panorama gunung-gunung lain di sekitarnya.


3. Gunung Sumbing

Heboh Foto Borobudur, Ini 6 Gunung di SekitarnyaFoto: Eko Susanto/detikcom


Kemudian ada Gunung Sumbing yang memiliki ketinggian 3.371 Mdpl. Bagian Barat Gunung Merbabu masuk ke Kabupaten Magelang. Bagian Timur, Kabupaten Boyolali.

Untuk informasi, Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru di Jawa Timur dan Gunung Slamet di Jawa Tengah.


4. Gunung Telemoyo

Selain tiga gunung utama di atas, Gunung Telemoyo yang terletak di Kabupaten Semarang dan Magelang ini juga merupakan salah satu yang mengelilingi Candi Borobudur. Tingginya jauh di bawah tiga sebelumnya, yakni 1.894 Mdpl saja.

5. Pegunungan Menoreh

Menyebut nama gunung di sekitar Magelang, tak lengkap tanpa menyebut Pegunungan Menoreh. Bahkan bisa dikatakan, kalau Pegunungan Menoreh adalah bentang alam yang paling dekat dari Candi Borobudur.

Hanya perlu diketahui, puncak tertinggi di Pegunungan Menoreh berada di Gunung Ayamayam yang memiliki ketinggian lebih dari 1.021 meter di atas permukaan air laut.


6. Gunung Tidar

Terakhir ada Gunung Tidar yang terletak persis di tengah Kota Magelang. Hanya saja, gunung yang memiliki ketinggian 503 meter ini lebih identik dengan aktifitas akademi militer ketimbang pendakian.

Hanya saja, gunung yang satu ini punya mitos terkait "Pakunya Tanah Jawa" yang diyakini cukup sakral. Tak sedikit juga yang menyebut gunung ini angker, tapi tentunya tidak lancip.

Melihat data di atas, gunung di sekitar Candi Borobudur yang bisa dibilang tertinggi adalah antara Gunung Sumbing atau Gunung Merbabu. Hanya kalau paling lancip, kembali lagi pada penilaian traveler.



Simak Video "Mulai Hari Ini, Pengunjung Borobudur Cuma Bisa Naik sampai Lantai 8"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA