Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Feb 2020 06:31 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ranca Upas, Tempat Kemping di Bandung yang Pernah Dipakai Syuting Raisa

Lusiana Mustinda
detikTravel
kemping
Ranca Upas, Bandung. Foto: (Wisma Putra/detikTravel)
Jakarta -

Ranca Upas menjadi salah satu tujuan tempat wisata di Bandung. Di sini kamu dapat kemping sambil melihat gerombolan rusa dan pemandangan yang memesona.

Ranca Upas merupakan objek wisata yang berada di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ranca Upas juga dikenal sebagai bumi perkemahan yang menjadi tempat favorit para pecinta alam.

Di Ranca Upas kamu bisa kemping di padang rumput di atas bukit dengan ketinggian sekitar 1700 mdpl. Pemandangannya ketika di pagi hari benar-benar bikin takjub seperti berada di luar negeri. Apalagi udara yang sejuk membuat suasana semakin syahdu.

Berikut ini beberapa fakta tentang Ranca Upas yang sudah dirangkum oleh detikTravel:

1. Lokasi

Kampung Cai Ranca Upas berada di Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat. Tepatnya di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey, Bandung. Jaraknya sekitar 50 KM dari kota Bandung. Objek wisata ini tidak jauh dari Kawah Putih dan Situ Patenggang.

Suasana pagi di Ranca Upas.Suasana pagi di Ranca Upas. Foto: Rico Bagus/detikcom

2. Hutan Lindung

Ranca Upas memiliki luas arena sekitar 215 hektar. Ranca Upas juga merupakan salah satu kawasan hutan lindung di Bandung. Ranca Upas juga dimanfaatkan sebagai tempat konservasi berbagai macam tumbuhan flora langka seperti jamuju, huru, hamirug, kihujan, kitambang serta aneka fauna seperti burung dan rusa.

3. Penangkaran Rusa

Suhu rata-rata di Ranca Upas sekitar 17-20 derajat celcius. Bumi Perkemahan Ranca Upas ini berada di bawah Perusahaan Hutan Indonesia atau PERHUTANI. Tempat kemping ini juga dijadikan sebagai tempat penasaran rusa. Jadi jangan heran ya jika saat kamu menginap di sini, kamu dapat melihat pemandangan rusa yang sedang bermain sambil memakan rumput-rumput.

Tahu video klip Raisa yang berjudul 'Jatuh Hati'? Pembuatan video klip ini dilakukan di Ranca Upas. Raisa pun terlihat berdiri di tengah-tengah puluhan rusa. Udara pegunungan yang sejuk memang dapat menarik siapa saja untuk datang ke sini.

Penangkaran rusa juga jadi salah satu spot favorit pengunjung. Di sini kita dapat langsung berinteraksi dengan rusa tanpa penghalang pagar pembatas. Kamu juga bisa membeli sayuran yang telah disediakan sebagai pakan rusa dengan harga Rp 10.000 dan menyewa sepatu boots jika tanah di penangkaran becek dengan harga Rp 20.000.

Penangkaran rusa di Ranca Upas.Penangkaran rusa di Ranca Upas. Foto: (Wisma Putra/detikTravel)

4. Fasilitas

Fasilitas di Ranca Upas selain untuk kemping, ada juga outbound dan olahraga paint ball. Permainan outbound yang dapat memacu adrenaline seperti flying fox, elvis bridge, hingga jembatan goyang.

Selain bermalam di tenda, para pengunjung juga bisa mencoba tempat penginapan Ranca Upas. Ada dua tempat penginapan di sekitaran Ranca Upas Ciwidey yakini DRiam Riverside Resort Ciwidey hingga Hotel 88 Kopo Bandung.

Ranca Upas.Ranca Upas. Foto: Idris Hasibuan/d'Traveler

5. Tiket Masuk

Jalan-jalan ke Ranca Upas nggak bikin kantong bolong. Tiket masuknya seharga Rp 10.000 per orang dengan tarif parkir Rp 5.000-an untuk roda empat dan Rp 2.000 untuk roda dua.



Simak Video "Buntu! Raisa Ngaku Susah Ciptain Lagu selama #dirumahaja"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA