Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 09 Feb 2020 05:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Taman Wisata Pancuran Mas Purbalingga Punya Kolam Renang Syar'i

Arbi Anugrah
detikTravel
Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas di Purbalingga jadi pilihan menarik habiskan akhir pekan. Di sana pengunjung juga mendapat edukasi tentang satwa.
Taman Wisata Pancuran mas di Purbalinngga menawarkan paket komplet untuk traveler. (Arbi Anugrah/detikTravel)
Purbalingga -

Taman Wisata Pendidikan (TWP) Purbasari Pancuran Mas di Purbalingga menawarkan tempat bermain, kolam renang syar'i, dan tempat penelitian. Tempat wisata ini juga menyediakan kemudahan bagi traveler yang kemalaman.

Taman Wisata Pancuran Mas itu berlokasi di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Purbalingga, Jawa Tengah. Taman itu menawarkan paket komplet.

Menurut Manager Operasional Purbasari Pancuran Mas, Junjung mengatakan Taman Pancuran Mas bahkan menjadi tempat penangkaran dan pengembangbiakan satwa, baik yang dilindungi maupun yang tidak.

"Edukasinya tentang satwa, kemudian kita konsentrasi di penangkaran dan pengembangbiakan. Untuk penangkarannya sudah banyak ada penangkaran rusa totol dan Rusa Timor yang dilindungi," kata Junjung kepada detikcom, Kamis (6/2/2020).

Selain rusa, Taman Wisata Pancuran Mas itu juga menangkarkan berbagai burung, seperti burung paruh bengkok dan ikan air tawar, Piranha, dan Arapaima.

"Ada juga elang Jawa, dilindungi dengan undang undang. Anak-anak biar tahu kalau satwa itu tidak boleh dipelihara, untuk konservasi agar selamat," dia menjelaskan.

Pancoran Mas untuk Penelitian

Taman Wisata Pancuran mas di Purbalingga Jawa Tengah Taman Wisata Pancuran mas di Purbalingga Jawa Tengah Foto: Arbi Anugrah/detikTravel

Tak cuma pelajar dari sekolah tingkat paud hingga SMA yang datang ke Taman Wisata Pancuran Mas, tapi juga mahasiswa. Biasanya, mahasiswa melakukan penelitian dan observasi satwa,

"Untuk edukasi awalnya lebih ke sekolah sekolah, semakin ke sini sudah makin diminati anak SMP dan juga banyak mahasiswa yang datang meneliti dan observasi ke sini, melihat ikan dan satwa lainnya," kata dia.

Pancoran Mas Punya Kolam Renang Syar'i

Taman Wisata Pancuran Mas dibangun di atas tanah seluas 6 hektar. Salah satu daya tarik di taman wisata ini adalah kolam renang syar'i yang dikhususkan untuk pengunjung wanita dan waterboom.

Taman itu juga memiliki masjid dan homestay.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA