Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Feb 2020 05:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

9 Wisata Religi Masjid di Indonesia dengan Bangunan Unik

Lusiana Mustinda
detikTravel
Masjid bergaya Taj Mahal di Sunter yang dibangun oleh seorang mualaf keturunan tionghoa
Wisata religi masjid di Indonesia. Foto: Johanes Randy
Jakarta -

Sesekali umat muslim bisa berwisata religi dengan berkunjung ke masjid. Di Indonesia, bangunan-bangunan masjid banyak yang unik dan megah. Ini 9 pilihannya.

Tidak hanya bisa me-refresh pikiran, wisata religi ini juga dapat mendekatkan diri kamu ke Allah SWT. Tersebar di beberapa daerah seperti Jakarta, Surabaya hingga Yogyakarta.

Ini masjid-masjid dengan bentuk unik yang bisa kamu kunjungi:

1. Wisata Religi di Masjid Cheng Ho (Surabaya)

Wisata religi masjid.Wisata religi masjid. Foto: Indonesia Raya

Salah satu wisata religi Jawa Timur yang terkenal ada di Surabaya. Masjid Cheng Ho ini memiliki bangunan dengan gaya oriental China. Masjid ini dibangun oleh para pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Jawa Timur serta tokoh masyarakat Tionghoa di Surabaya. Pembangunan masjid ini dibuat mirip seperti klenteng sebagai wujud penghormatan sosok laksamana Cheng Ho yang membawa misi perdamaian dan seorang muslim yang taat beribadah.

Arsitektur masjid ini diilhami dari Masjid Niu Jie di Beijing. Masjid Cheng Ho Surabaya berada di pusat Kota Surabaya, tepatnya di Jalan Gading No. 2, Ketabang, Genteng, atau sekitar 1.000 meter sebelah utara Gedung Balaikota Surabaya.

2. Wisata Religi di Masjid Ramlie Musofa (Jakarta)

Wisata religi masjid.Wisata religi masjid. Foto: Rifkianto Nugroho

Wisata religi Jakarta yang bisa kamu kunjungi adalah Masjid Ramlie Musofa. Masjid ini berlokasi di Jalan Danau Sunter Selatan 1 blok 1 10 nomor 12 C 14 A, Jakarta Utara.

Masjid ini mulai dibangun oleh Ramli Rasidin pada tahun 2011-2016. Pembangunan masjid yang memiliki luas sekitar 2.000 meter persegi ini mendatangkan bahan bangunan untuk mimbar berupa marmer dari Turki dan Italia, juga mendatangkan ornamen ukiran khusus dari Pulau Jawa.

Masjid yang bentuknya mirip Taj Mahal ini memiliki perpaduan empat unsur budaya yakni Indonesia, Tionghoa, India dan Arab. Hal ini dibuktikan dari bentuk bangunan beserta ukirannya.

3. Wisata Religi di Menara Masjid (Kudus)

Wisata religi masjid.Wisata religi masjid. Foto: Akrom Hazami/detikcom

Menara Masjid Kudus berada di Desa Kauman, Kudus, Jawa Tengah. Masjid ini menjadi salah satu tempat ziarah umat Islam di Tanah Jawa. Masjid Menara Kudus dibangun oleh Sultan Kudus menggunakan batu yang dibawa langsung dari Kota Baitul Maqdis, Palestina, sebagai batu pertama.

Masjid ini dibilang unik karena bentuk menaranya yang mirip seperti candi dengan corak Hindu Majapahit. Bagian lain dari masjid yang bercorak Hindu adalah gapura, pancuran padasan atau kolam tempat berwudhu. Masjid ini dibangun tahun 1549, menjadikannya salah satu yang tertua di Jawa.

4. Wisata Religi di Masjid Istiqlal (Jakarta)

Wisata religi masjid.Wisata religi masjid. Foto: Shutterstock

Wisata religi di Jakarta bisa berkunjung ke Masjid Istiqlal. Masjid Istiqlal merupakan Masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid dibangun sebagai rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia. Bangunannya dibangun lima lantai di atas tanah seluas 9,5 hektare.

Masjid terbesar ini memiliki 5 lantai, untuk menandai ada 5 poin dalam rukun Islam. Hal tersebut sebagai pengingat kaum muslim, bahwa ada 5 kewajiban yang harus dilakukan. Selain itu, Masjid Istiqlal juga memiliki tujuh pintu dengan nama asmaul husna.

5. Wisata religi di Masjid Raya Sumatera Barat (Padang)

Wisata religi masjid.Wisata religi masjid. Foto: I Gede Leo/d'traveler

Masjid Raya Sumatera Barat menjadi ikon kota Padang. Masjid ini merupakan yang terbesar dan termegah di Sumatera Barat. Masjid tanpa kubah menjadi salah satu masjid terbesar di Sumatera Barat.

Uniknya, masjid ini dirancang tahan gempa hingga 10 SR sekaligus shelter lokasi evakuasi bila terjadi tsunami. Bangunan utama Masjid Raya Sumatera Barat terdiri dari tiga lantai dengan luas area sekitar 40.343 meter persegi yang mampu menampung sekitar 20.000 jamaah.

6. Wisata Religi Masjid Agung Demak (Demak)

Wisata religi masjid.Wisata religi masjid. Foto: (Kurnia/detikTravel)

Wisata religi Islam lainnya ada di Demak. Masjid Agung Demak berdiri sejak abad ke-15, yang dibangun oleh sultan pertama dari kesultanan Demak bernama Raden Patah bersama dengan Wali Songo. Hal ini membuat masjid ini masuk dalam jajaran masjid tertua di Indonesia.

Masjid Agung Demak memiliki simbol arsitektur tradisional khas Indonesia dan memiliki berbagai makna di tiap bagian arsitekturnya. Lokasinya ada di terletak di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Tepatnya berada di alun-alun dan pusat keramaian Demak sehingga Masjid Agung Demak tak sulit untuk ditemukan.

7. Wisata Religi Masjid Kubah Emas (Depok)

Wisata religi masjid.Wisata religi masjid. Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom

Masjid Kubah Emas ini didirikan oleh Dian Al Mahri. Masjid Kubah Mas atau Masjid Dian Al Mahri, kubahnya benar-benar dilapisi dengan emas 22 karat. Selain bangunan masjid nan megah serta lokasinya yang sangat strategis, kubah emas inilah yang menarik wisatawan untuk wisata religi.

Luas bangunan Masjid Dian Al Mahri ini sekitar 8.000 meter persegi dan luas keseluruhan kawasan masjid 70 hektare. Masjid ini mempunyai lima kubah berlapis emas, yang melambangkan rukun Islam, dan mempunyai enam menara, yang melambangkan rukun iman dalam agama Islam. Tertarik datang?

8. Wisata Religi di Masjid Al Irsyad (Bandung)

Wisata religi masjid.Wisata religi masjid. Foto: Mukhlis Dinillah

Masjid Al Irsyad berada di Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat. Masjid Al Irsyad dibangun tahun 2009. Jika biasanya masjid memiliki kubah, tidak demikian dengan Masjid Al Irsyad. Masjid ini dirancang arsitek ternama Indonesia, Ridwan Kamil yang kini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat.

Keunikan Masjid Al Irsyad juga bisa dilihat dari bentuk mihrab yang dirancang sebagai tempat menghadap Allah dengan konsep 'Keindahan Alam dan Kebesaran Allah'. Mirab terbuka langsung menghadap gunung dan bukit yang asri.

9. Wisata Religi di Masjid Al Munada Baiturrahman (Jakarta)

Wisata religi masjid.Wisata religi masjid. Foto: Istimewa

Masjid unik ini dibangun oleh KH Abdurrahman Massum. Bangunannya mirip seperti perahu dan masjidnya dibangun bersamaan pada tahun 1962 silam. Bangunan berbentuk kapal tersebut terinspirasi oleh bahtera Nabi Nuh.

Lokasi Masjid Perahu ini ada di Jl Casablanca No 38, Menteng Dalam, Jakarta Selatan. Diapit gedung pencakar langit, Masjid Perahu hanya bisa diakses menggunakan motor atau jalan kaki saja.

Masjid Perahu memiliki banyak keunikan, yakni ada Al Quran raksasa 2X1 meter, kayu gelondongan sebagai tiang, ukiran Al Quran kayu jati, koleksi batu giok, emas 3 kg di atap masjid dan ada batu di depan pintu yang tak diubah semenjak dulu.

Tertarik berwisata religi di 9 masjid ini?



Simak Video "Serunya Belajar Manasik Haji, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA