Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Feb 2020 22:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengintip Cantik dan Jelita, Duo Harimau Benggala di Bandung Barat

Whisnu Pradana
detikTravel
Lembang Park & Zoo, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. memiliki harimau Benggala
Lembang Park & Zoo, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat memiliki harimau Benggala. (Whisnu Pradana/detikTravel)
Jakarta -

Lembang Park & Zoo, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat memiliki harimau Benggala. Namanya, Cantik dan Jelita.

Dua ekor harimau Benggala betina, Cantik dan Jelita, dibiarkan lepas di sebuah area khusus berfungsi sebagai kandang lengkap dengan hiasan dan kolam menyerupai habitat hewan karnivora tersebut yang berbatasan langsung dengan restoran. Saat pengunjung sedang menikmati makanan dan kudapan, dua harimau tersebut tampak aktif berlalu lalang seakan ingin menerkam.

Tapi tidak perlu khawatir, meski jarak meja makan dengan si Cantik dan Jelita sangat dekat, pengunjung tetap aman dari cengkeraman dan terkaman binatang buas nan eksotis itu lantaran ada kaca tebal double laminate 12 milimeter sebagai pembatas dan pengaman.

Manager Operasional Lembang Park & Zoo, Iwan Susanto, mengatakan konsep makan ditemani si kucing besar dengan corak belang menawan itu baru dibuka sepekan terakhir.

"Sesuai tema kami sebagai kebun binatang dengan arsitektur modern, salah satunya resto yang didesain di dalamnya ada kandang harimau. Kami tawarkan konsep berbeda sensasi makan bersama binatang buas," ujar Iwan saat ditemui di Lembang Park & Zoo, Sabtu (15/2/2020).

Cantik dan Jelita baru berusia 20 bulan. Mereka didatangkan dari daerah Jawa dengan sistem hibah. Suasana makan bersama harimau merupakan yang pertama di Jawa Barat.

"Kami juga sediakan keeper untuk merawat Cantik dan Jelita. Karena mereka tetap harus dirawat dan diberi makan. Tinggi maksimal keduanya bisa sampai 1,3 meter dengan berat 200 kilogram. Kebayang kalau nanti makin besar, semakin memacu adrenalin pengunjung," katanya.

Bukan sekadar melihat kecantikan satwa, pengunjung dapat bercengkerama maupun swafoto dengan beberapa satwa eksotis seperti burung Macau, Kangguru pohon, Burung Hantu, Biri-biri, Elang atau belajar berkuda didampingi keeper.

Wisatawan juga bisa berkeliling mengitari kandang satwa seperti burung merak, rusa, burung unta, kucing bahkan terdapat kandang khusus berisi bebek dari berbagai belahan dunia.

Pada wahana burung terdapat kandang besar berisi 100 ekor burung berbagai jenis seperti buruh paruh bengkok Macau, nuri, kakatua raja, jalak Bali dan beberapa jenis burung impor.

"Total ada 350 ekor binatang disini, seperti reptil, burung, beruang, dan kucing. Dua harimau Benggala ini menambah satwa yang ada disini," dia menjelaskan.



Simak Video "Eksekusi Lahan untuk Rumah Deret Tamansari, Satpol PP-Pemuda Bentrok"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA