Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Feb 2020 06:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Situ Patenggang, Danau Indah di Ciwidey yang Instagramable

Lusiana Mustinda
detikTravel
Suasana di Situ Patenggang Agustus 2019
Situ Patenggang di Jawa Barat memiliki view yang menawan. Foto: Wisma Putra/detikcom
Jakarta -

Di Ciwidey, Bandung Barat, Jawa Barat terdapat danau indah yang dikenal dengan nama Situ Patenggang. Di sini ada restoran hingga tempat kamping.

Situ Patenggang merupakan danau di ketinggian 1.600 mdpl dengan dikelilingi Kebun Teh Rancabali. Danau ini memiliki luas sekitar 45.000 hektar di dalam cagar alam dengan nama yang sama, Cagar Alam Situ Patenggang, dengan luas 123.077 hektar..

Situ Patenggang dengan air yang jernih dikelilingi pepohonan hijau yang asri bersatu dengan jernihnya air dan birunya langit. Keindahan Situ Patenggang itu telah menarik perhatian publik sejak tahun 1981 dan dikelola oleh Perhutani.

Situ Patenggang.Situ Patenggang. Foto: Wisma Putra/detikcom

Ada apa di Situ Patenggang? Para pengunjung bisa menikmati spot-spot yang fotogenik seperti Pinisi Resto hingga jembatan gantung yang jadi ikon Situ Patenggang.

Pinisi Resto Situ Patenggang

Situ Patenggang.Situ Patenggang. Foto: Wisma/detikTravel

Restoran ini berlokasi di kawasan Situ Patengan, Rancabali, Ciwidey, Bandung. Restoran unik ini berada di perbukitan hijau dengan pemandangan indah dan sejuk. Bentuk bangunannya seperti sebuah phinisi, kapal kayu besar yang menghadap langsung ke danau.

Di sini pengunjung bisa menyantap aneka menu khas Sunda. Kamu juga bisa berfoto di sudut restorannya yang berbentuk kapan phinisi.

Jembatan Gantung Situ Patenggang

Situ Patenggang.Situ Patenggang. Foto: Wisma Putra/detikTravel

Jembatan gantung yang ada di Situ Patenggang ini merupakan akses jalan yang dapat digunakan oleh wisatawan masuk ke dalam kapal pinisi. Sebelumnya, akses jalan masuk ke kapal pinisi harus berputar dan dengan adanya jembatan gantung ini para pengunjung menjadi lebih cepat untuk masuk ke dalam ruangan kapal.

Situ Patenggang.Situ Patenggang. Foto: Wisma Putra/detikcom

Situ Patenggang juga terkenal dengan Glamping Lakeside Rancabali. Ini adalah sebuah resort yang berada di alam terbuka. Konsep glamping di sini bisa dibilang mewah. Terlihat berjejer tenda-tenda eksklusif yang menghadap ke Situ Patenggang. Fasilitasnya lengkap dengan dua tempat tidur, peralatan mandi hingga TV.

Satu tenda glamping ini berkapasitas 4 orang dengan tarif sekitar Rp 2 juta-an. Tiket masuk Situ Patenggang untuk wisatawan lokal dengan harga Rp 18.000 per orang (weekday) dan Rp 20.000 per orang (weekend).



Simak Video "Pemkot Bandung Tutup Lagi 4 Jalan Protokol"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA