Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 22 Feb 2020 22:14 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Hal Menarik di Situ Cisanti Bandung yang Harus Kamu Tahu

Lusiana Mustinda
detikTravel
Situ Cisanti
Situ Cisanti. Foto: Muklis Dinillah
Jakarta -

Pernah jadi tempat wisata yang terlupakan, kini keindahan Situ Cisanti kembali jadi perhatian. Hulu sungai Citarum ini terlihat cantik.

Sungai Citarum merupakan sungai penting di Jawa Barat yang mengalir dari Bandung hingga Karawang, akan tetapi banyak yang belum tahu dimana hulunya. Nah, hulu sungai Citarum ini berada di Situ Cisanti, Bandung.

Lokasi Situ Cisanti ada di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Tempat ini bisa ditempuh dengan jarak sekitar 2,5 jam dari Kota Bandung. Situ ini menjadi tempat penting bagi kelestarian Sungai Citarum.

Bahkan beberapa waktu yang lalu, Presiden Jokowi pernah berkunjung ke Situ Cisanti. Kedatangan Jokowi kala itu untuk meninjau hingga menanam pohon manglid atau Manglieta glauca.

Rehabilitasi Situ Cisanti sudah dilakukan sejak 1 Februari 2018 dan akan dilakukan selama 7 tahun.

Berikut ini beberapa hal menarik yang perlu kamu tahu dari Situ Cisanti:

1. Tiket Masuk

Tiket masuk ke Situ Cisanti Bandung tidaklah mahal. Setiap pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 12.000. Dan untuk parkir kendaraan roda empat dikenakan harga sebesar Rp 9.000 dan kendaraan roda dua Rp 4.000.

2. Perjalanan yang Jauh

Bagi kamu warga Jakarta yang ingin berkunjung ke sini, harus bersabar dan pastikan menikmati perjalanannya. Karena untuk sampai di Situ Cisanti membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam. Sedangkan kalau dari Kota Bandung dapat memakan waktu sekitar 2 jam.

Kamu akan melewati jalan yang berkelok dan melewati ladang sayur-mayur untuk sampai di tempat wisata yang sering disebut sebagai KM 0 Citarum.

Situ Cisanti.Situ Cisanti. Foto: Muklis Dinillah

3. Pernah Merana

Meskipun sekarang tampilannya sudah tak seperti dulu, akan tetapi Situ Cisanti pernah merana. Di tempat ini pernah terjadi perambahan hutan yang merusak alam. Pohon-pohon di sekitar situ pernah gundul. Dan kini sudah rimbun berkat hasil penanaman pohon 10 tahun yang lalu.

4. Udaranya Sejuk

Wisata Situ Cisanti ini memiliki udara yang sejuk karena tempat ini berada di ketinggian 1.500 mdpl. Sehingga membuat udaranya sejuk dan dingin di malam hari.

Saat pagi hari sinar matahari akan memberikan nuansa hangat yang menenangkan sambil memandangi keindahan langitnya.

Situ Cisanti.Situ Cisanti. Foto: (Instagram/ridwankamil)

5. Spot Foto

Di Situ Cisanti terdapat dermaga yang digunakan untuk nongkrong dengan latar plang besar bertuliskan Kilometer 0 Citarum berwarna-warni. Cocok untuk dijadikan sebagai tempat berfoto.



Simak Video "Penampakan Banjir Luapan Citarum Kepung Pemukiman di Dayeuhkolot"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA