Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 23 Feb 2020 18:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan di Bromo, Ini Bukit Teletubbies Punya Bondowoso

Chuk Shatu W
detikTravel
Kawah Wurung Bondowoso
Foto: (Chuk Shatu W/detikTravel)
Bondowoso -

Bukit Teletubbies begitu akrab bagi traveler yang pernah main ke Bromo. Tak cuma di Bromo, Bondowoso juga punya Bukit Teletubbies yang tak kalah cantik.

Bukit Teletubbies Bondowoso adalah julukan yang diberikan untuk Kawah Urung. Kawah Wurung berada sekitar 45 menit dari Kawah Ijen.

Meski masuk dari Banyuwangi namun Kawah Urung masuk wilayah administratif Bondowoso. Tepatnya, Kawah Wurung berada di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso.

Bukan di Bromo, Ini Bukit Teletubbies Punya Bondowoso(Chuk Shatu W/detikTravel)


Nama Kawah Wurung memiliki arti tersendiri. Dalam bahasa Jawa, wurung artinya gagal atau tidak jadi. Jadi nama wurung diberikan karena dulunya kawah ini tidak terbentuk dengan sempurna.

Tak ada air yang jadi daya tarik seperti di Kawah Ijen. Kawah Wurung hanya memiliki cekungan luas kering yang ditumbuhi dengan rumput dan tanaman liar.

Julukan Bukit Teletubbies diberikan karena memang kawah ini mirip dengan Bromo. Hanya saja, ukurannya lebih kecil.

Hamparan padang hijau kekuningan dengan barisan bukit yang indah menjadi suguhan Kawah Wurung untuk wisatawan. Jauh dari kota, wisata Bondowoso yang satu ini bisa jadi pelepas penat dari rutinitas.

Bukan di Bromo, Ini Bukit Teletubbies Punya Bondowoso(Chuk Shatu W/detikTravel)


Ada dua cara untuk menuju ke kawasan ini, bisa dengan roda dua atau roda empat. Rute pertama yakni lewat area Perkebunan Jampit, yang kedua adalah Curah Macan. Dua rute ini berada di kawasan PTPN XII Kalisat Jampit.

Bukit ini memiliki ketinggian 1.700 mdpl. Jalanan utamanya hanya tanah berpasir. Namun inilah yang dinanti, perjalanan menuju alam yang asri.

Saat perjalanan mata memandang keindahan alam yang begitu eksotis. Sepanjang 5 km pertama, traveler akan menikmati eloknya kebun kopi dan ladang sayuran milik warga lokal.

Hamparan rumput hijau dengan bunga kuning menanti. Wisatawan bisa berfoto sampai puas dari segala sudut Kawah Wurung. Sambil menikmati alam, kamu bisa juga piknik di sini.

Bukan di Bromo, Ini Bukit Teletubbies Punya Bondowoso(Chuk Shatu W/detikTravel)


Hanya ingat, jangan membuang sampah dalam bentuk apa pun di sini. Sampah harus kamu bawa kembali turun sehingga tidak merusak alam.

Selain piknik dan foto-foto, kegiatan yang biasa dilakukan di sini adalah bersepeda. Kamu yang suka tantangan, bisa juga naik ke Bukit Cinta dengan tingkat kemiringan cukup curam.

Seperti orang yang sedang jatuh cinta, kamu yang naik ke sini haruslah kuat untuk menghadapi segala tantangan. Kalau tidak percaya, coba saja.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kawah Wurung adalah bulan Maret-Juni. Jika main ke sini di musim penghujan, warna bunga-bunga dari ladang ini kadang berwarna merah muda lho!



Simak Video "Banjir Bandang Terjang Bondowoso"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA