Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 06 Mar 2020 14:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Fasilitas Eks Kampung Vietnam Batam yang Akan Jadi RS Corona

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Kampung Vietnam Batam
Bartak-barak di eks Kampung Vietnam (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Jakarta -

Rumah sakit di bekas Kampung Vietnam Pulau Galang, Kota Batam akan dibangun kembali. Fasilitas itu akan digunakan sebagai rumah sakit khusus virus Corona.

Untuk diketahui bahwa ada terdapat beberapa fasilitas di eks Kampung Vietnam, Batam. Komplek yang dipenuhi pepohonan rindang ini pernah dihuni pengungsi dari Vietnam.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang menyebut pembangunan rumah sakit penanganan virus Corona ada di eks Kampung Vietnam, Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Ia meninjau lokasi pada hari Rabu (4/3/2020) lalu.

Nantinya, rumah sakit itu juga dikhususkan untuk penanganan penyakit menular. Target dari RS itu mampu menampung pasien sebanyak 1.000 orang.

Apa yang ada di dalam bekas Kampung Vietnam Batam yang sekarang masih jadi tempat wisata? Pertama, Anda akan disambut gerbang besar dengan tulisan 'KAWASAN WISATA P. GALANG (EX CAMP VIETNAM).

Ini Fasilitas Eks Kampung Vietnam Batam yang Akan Jadi RS CoronaKampung Vietnam Batam (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Baca juga: RS Corona Akan Dibangun di Pulau Galang, Bekas Pengungsi Vietnam

Lalu, Anda akan memasuki komplek dengan jalanan yang sudah diaspal namun terkelupas di sana-sini. Ada akan menemui rumah sakit PMI. Bangunan tua ini sudah rapuh dan roboh plafonnya.

Lalu, di perhentian selanjutnya, Anda akan menemukan bangunan-bangunan tua yang berdiri sendiri. Sebenarnya ada bangunan lain di dekatnya, namun bangunan itu sudah rata dengan tanah dan tertutup semak-semak.

Setelah itu, Anda akan melihat kuburan orang-orang Vietnam. Para pengungsi ini banyak yang meninggal di Pulau Galang dan memiliki komplek kuburannya sendiri.

Apa yang akan Anda temui selanjutnya? Ada replika kapal tradisional yang ditumpangi eks pengungsi Vietnam. Lokasi ini berdampingan dengan Museum Kampung Vietnam.

Baca juga: Mengenal Kampung Vietnam, Destinasi Sejarah Tersohor dari Batam

Ini Fasilitas Eks Kampung Vietnam Batam yang Akan Jadi RS CoronaRS PMI di Kampung Vietnam, Batam (Foto: Tedi Permana/d'Traveler)

Selanjutnya, di lahan luas Kampung Vietnam ini masih ada beberapa bangunan yang berdiri tegak. Mirip barak-barak, fasilitas ini nanti yang akan direnovasi untuk jadi pusat rumah sakitnya.

Terakhir, kunjungan Anda akan menemukan Gereja Katolik. Fasilitas keagamaan ini masih cukup bagus dan terdapat jembatan penghubung dari jalan utama.

Gereja tua, vihara, barak pengungsian, penjara, patung Buddha tidur, bangunan yang telah menjadi puing-puing, hingga rumah sakit adalah fasilitas yang ada di Kampung Vietnam Batam.



Simak Video "RSKI Pulau Galang Terima Rujukan Pasien Covid-19 di Luar Batam"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA