Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 10 Mar 2020 18:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan Sembarang Batu, Ini Koleksi Berharga Museum Geologi Bandung

Wisma Putra
detikTravel
Museum Geologi Bandung
Koleksi Museum Geologi Bandung (Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Buat kalian pencinta batu-batuan. Kalian bisa mendatangi ke Museum Geologi di Bandung. Bisa sekalian sambil belajar lho!

Seperti diketahui, museum ini memiliki koleksi lebih dari 100 ribu jenis batu yang dipamerkan bagi para pengunjung. Batu-batu itu dipajangkan dengan beragam ukuran.

Ada yang kecil hingga besar. Ada yang dipajang di dalam lemari kaca dan ada juga yang dipajang tanpa dimasukkan ke lemari kaca, sehingga kita bisa langsung menyentuhnya.

Dari informasi yang dihimpun detikTravel, jumlah batu yang ada di Museum Geologi sekitar 108.905 koleksi yang sebagian besar berasal dari Indonesia.

Bukan Sembarang Batu, Ini Koleksi Berharga Museum Geologi BandungFoto: Wisma Putra/detikcom



Beragam jenis batu ada di museum ini di antaranya Batugamping yang berasal dari Kupang Nusa Tenggara Timur, Granit dari Sanggau Sumatera Barat dan jenis batu lainnya.

Ada juga batu Kristal Amentis yang berasal dari Solok Sumatera Selatan. Batu itu menjadi salah satu batu istimewa karena memiliki kristal berwarna merah muda berbalut warna ungu.


Kristal Amentis atau yang dikenal batu kecubung itu kerap dijadikan sebagai spot foto para pengunjung. Tak jarang, para pengunjung yang datang ke museum ini, ingin mengabadikan gambar batu istimewa itu.

Bukan Sembarang Batu, Ini Koleksi Berharga Museum Geologi BandungFoto: Wisma Putra/detikcom



Tak hanya batu yang berasal dari Indonesia, ada juga batu yang berasal dari luar negeri di antaranya, Lapis Lazuli berwarna biru dari Afghanistan, Nepherite atau kita mengenalnya batu giok yang juga dari Afganistan.


Ada juga Amethyst Geode atau kecubung dari Brasil. Kecubung Brasil ini ada beberapa bongkahan, ada yang ukuran besar dan juga kecil. Ada juga batu berwarna kuning terang yang disebut Caramel Quartz dari Madagaskar.



Simak Video "Ramainya Bandung Air Show, Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA