Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 09 Apr 2020 11:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ambon, Kota Musik UNESCO yang Berkesan Bagi Glenn Fredly

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Glenn Fredly
Glenn Fredly (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Ambon -

Tanah air tengah berduka atas berpulangnya musisi Glenn Fredly. Baginya, Ambon memiliki tempat khusus di hatinya.

Adalah Glenn Fredly Deviano Latuihamallo atau yang akrab disapa Glenn Fredly, musikus asal Ambon itu diketahui berpulang Rabu sore ini pukul 18.00 WIB di RS Setia Mitra. Hal itu pun dikonfirmasi oleh banyak rekan musisi di tanah air.

Berpulangnya Glenn tentu menjadi pukulan bagi banyak orang. Selain dikenal akan lagu-lagu cintanya, Glenn juga akrab sebagai aktivis sosial dan politik. Salah satu yang teranyar, Glenn juga ikut serta dalam proses penetapan Ambon sebagai kota musik oleh UNESCO.

Sebelumnya, wacana Ambon untuk dijadikan kota musik memang telah berdengung cukup lama. Pada Hari Musik 2018, digelar Konferensi Musik Indonesia (KAMI) yang menghadirkan sejumlah pemangku kepentingan di industri musik Tanah Air. Glenn Fredly menjadi salah satu penggagas dari konferensi tersebut.

Festival Musik di AmbonFestival Musik KAMI di Ambon (Hanif Hawari/detikcom)

Puncaknya, Kota Ambon ditetapkan sebagai salah satu kota musik dunia oleh Audrey Azoulay, Direktur Jenderal UNESCO. Hal itu pun disampaikan via Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Selamat untuk Kota Ambon yang baru saja ditetapkan sebagai Kota Musik oleh UNESCO pada 30 Oktober 2019 oleh Audrey Azoulay.

Ambon pun bergabung dengan kota-kota musik lainnya di dunia, antara lain Essaouira (Maroko), Havana (Cuba), Lliria (Spanyol) hingga Metz (Perancis).

Kebahagiaan Glenn atas status internasional Ambon sebagai kota musik dunia pun kerap ia ungkapkan dalam festival 'Sewindu' Tulus di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (11/19). Saat itu Glenn hadir sebagai bintang tamu.

Pawai Bendera Merah Putih di AmbonPawai Bendera Merah Putih di Ambon (Muslimin Abbas/detikcom)

"Kemarin badan internasional dari UNESCO menetapkan Ambon sebagai kota musik pertama di Asia Tenggara. Ini adalah kerja kolektif bentuk cinta terhadap Indonesia," ujarnya.

Di penghujung acara, Glenn Fredly pun menyampaikan pesan dan harapannya mengenai daerah-daerah di Indonesia bagian Timur. Ia berharap, tak ada lagi stigma yang negatif yang ditempelkan bagi mereka. Tampaknya, isu mengenai Indonesia Timur memang menyita perhatian Glenn Fredly.

[Gambas:Instagram]



"Kenapa saya ceritakan tentang Indonesia Timur, yang harus Anda tahu Indonesia Timur tidak boleh ada keburukan atau minor yang kalian baca," serunya.

Ambon adalah kota yang telah melahirkan sejumlah musisi besar. Selain Glenn, nama penyanyi dengan suara khas yang memiliki darah Ambon antara lain Harvey Malaiholo, Utha Likumahua, Chris Pattikawa, dan Broery Marantika. Selain itu, kota tersebut juga memiliki kekayaan dan keindahan alam yang melimpah. Tak heran apabila Ambon Manise selalu memiliki daya tarik tersendiri.

Akhir kata, selamat jalan Glenn. Walau telah tiada, tapi suara emas dari Timur ini tak akan pernah redup. Seiring dengan lagu-lagunya dan kota Ambon yang akan selalu mengingat jasa-jasanya semasa hidup.



Simak Video "Pemerintah Ambon Akan Buat Buku Tentang Glenn Fredly"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA