Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Mei 2020 17:17 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

10 Lokasi dalam Lagu-Lagu Patah Hati Didi Kempot

Femi Diah
detikTravel
Mewabahnya COVID-19 berdampak kepada semua sektor, khususnya pariwisata. Seperti halnya di Yogyakarta, kawasan Malioboro yang biasanya ramai kini sepi.
Malioboro menjadi salah satu lagu Didi Kempot. (Pradito Rida Pertana/detikTravel)
Jakarta -

Didi Kempot tak cuma membuat patah hati namun kerap mengajak melancong Sobat Ambyar lewat lagu-lagunya. Berikut sepuluh destinasi wisata yang ada dalam karya The God Father of Broken Heart itu.

Didi Kempot meninggal dunia di usia 53 tahun di Solo, Jawa Tengah pada Selasa (5/5/2020). Dia diduga mengalami serangan jantung.

Dalam karyanya yang mencapai ratusan lagu, Didi Kempot selalu menggunakan sejumlah tempat wisata. Dia sengaja menyebutkan tempat-tempat itu untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Yuk, kita simak di mana saja Lord Didi Kempot meninggalkan jejak patah hatinya.

1. Stasiun Balapan

Libur panjang paskah/wafat Isa Almasih, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan dua kereta tambahan dari Stasiun Balapan Solo.Libur panjang paskah/wafat Isa Almasih, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan dua kereta tambahan dari Stasiun Balapan Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Stasiun Balapan di Solo, Jawa Tengah itu dibangun pada zaman Belanda, tepatnya 1927. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api kedua di Indonesia yang menggunakan sistem persinyalan elektrik setelah Stasiun Bandung.

Stasiun ini masih beroperasi hingga saat ini, menghubungkan Solo dengan Semarang, Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya. Stasiun ini melayani KA kelas eksekutif, bisnis, sebagian kecil kelas ekonomi, dan lokal/komuter.

2. Pasar Klewer

Revitalisasi Pasar Klewer Timur, Surakarta, Jawa Tengah dikebut. Targetnya, pada Juli mendatang proses pembangunan sudah rampung.Revitalisasi Pasar Klewer Timur, Surakarta, Jawa Tengah dikebut. Targetnya, pada Juli mendatang proses pembangunan sudah rampung. Foto: Dok. Kementerian PUPR

Pasar Klewer berada di Solo dan menjadi pusat belanja batik dan oleh-oleh. Pasar yang bersebelahan dengan Keraton Surakarta itu juga menawarkan jajan pasar yang sangat Solo banget, di antaranya jenang, krasikan, dan intip atau kerak nasi yang digoreng.

Pasar Klewer bukan hanya menjadi favorit pedagang yang kulakan, namun juga turis lokal ataupun internasional. Tumpukan kain batik, lurik, dan bermacam konveksi menjadi pemandangan spesial ditambah masih cukup banyak penjual yang mengenakan kebaya dan kain saat berdagang. Pasar itu terbakar hebat pada 2014 dan masih dalam tahap renovasi saat ini.

3. Pantai Parangtritis

Pantai ParangtritisPantai Parangtritis Foto: Pradito Rida Pertana/detikSport

Didi Kempot menyimpan kenangan tentang Pantai Parangtriris dalam lagu Patrangtritis. Pantai ini berada di Bantul, Yogyakarta.

Pantai ini mempunyai keunikan dengan ombak ombak besar dan adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk pasir. Konon, Pantai Parangkusumo yang berada di dekat Pantai Parangtritis menjadi lokasi pertemuan antara Raja Yogyakarta dengan Nyi Roro Kidul. Dipercayai, ada larangan untuk mengenakan baju hijau bagi turis saat mendatangi pantai itu.

4. Malioboro

Dishub Kota Yogyakarta menutup Malioboro dari kendaraan bermotor dari jam 9.00 WIB-21.00 WIB. Ada apa?Malioboro menjadi jujugan wisatawan lokal dan asing. (Pradito Rida Perdana)

Malioboro menjadi inspirasi lagu Bangjo Malioboro didi Kempot. Malioboro merupakan jantung kota Yogyakarta, yang menawarkan wisata belanja.

Pasar Beringharjo, hotel berbintang maupun backpacker, aneka tempat makan Benteng Vreddeburg, Museum Sneobudoyo, Titik Nol Kilometer, dan Keraton Yogyakarta berada di sini.

5. Gunung Merapi

Penampakan Gunung Merapi siang tadi dari Klaten, Kamis (5/3/2020)Penampakan Gunung Merapi siang tadi dari Klaten (Achmad Syauqi/detikcom)

Luka seseorang yang menunggu kekasihnya selama delapan tahun hingga diguyur abu Merapi ada di lagu abu Merapi. Lagu itu juga dikaitkan dengan Gunung Merapi, gunung api paling aktif di Pulau Jawa.

Gunung Merapi yang memiliki ketinggian 2.930 mdpl itu dapat didaki dari via Selo (Boyolali).

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA