Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Mei 2020 18:23 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kisah Tanah Jawa Ajak Jalan-jalan Virtual Tempat Bersejarah di Surabaya

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Museum Santet Surabaya
Foto: Museum Santet Surabaya (Imam Wahyudiyanta/detikcom)
Jakarta -

Pulang Kampung Digital detikcom kali ini mengajak traveler mudik ke Surabaya. Kisah Tanah Jawa akan mengajak jalan-jalan virtual ke tempat bersejarah Surabaya.

Kisah Tanah Jawa yang dipandu oleh Om Hao dan Genta mengajak traveler untuk jalan-jalan secara virtual ke beberapa tempat bersejarah di Surabaya. Lewat acara Pulang Kampung Digital detikcom, Kamis (21/5/2020) Om Hao menceritakan 4 tempat di Surabaya yang ikonik beserta sisi lainnya.

1. Jembatan Merah

Jembatan Merah SurabayaJembatan Merah Surabaya Foto: Budi Sugiharto/detikcom


Tempat pertama yang dikisahkan oleh Om Hao adalah Jembatan Merah. Menurut cerita Om Hao, Jembatan Merah merupakan bangunan bersejarah di Surabaya yang begitu ikonik. Di sinilah darah para pejuang tumpah demi meraih kemerdekaan Indonesia.

"Jembatan Merah ini ikonik, sudah ada sejak 1742. Di sini terjadi peristiwa heroik, sekaligus sejarah kelam. Ada pertempuran besar antara tentara pejuang melawan sekutu. Disebut Jembatan Merah karena darah pejuang bangsa kita. Selain melambangkan darah, warna merah juga melambangkan keberanian," tutur Om Hao.


Jika dilihat dari sisi metafisika, Jembatan Merah memiliki aura yang positif karena banyak syuhada yang gugur di sini. Berbeda dengan tempat pembantaian yang lain yang berbau anyir, Jembatan Merah menurut Om Hao justru berbau wangi.

"Jembatan Merah auranya beda dengan tempat lain. Kalau tempat pembantaian lain baunya anyir, tapi di sini harum karena ada banyak syuhda yang gugur, ada banyak pahlawan yang berjuang untuk bangsa Indonesia," imbuh Om Hao.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4


Simak Video "Budal Neng Suroboyo Lewat Pulang Kampung Digital"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA