Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 31 Mei 2020 18:17 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

1 Juni 2020 Libur, Ini 10 Tempat Wisata di Bandung yang Bikin Kangen

Lusiana Mustinda
detikTravel
suasana pagi di Kampung Cai Ranca Upas
Tempat wisata di Bandung. Foto: Rico Bagus/detikcom
Jakarta -

Sebanyak 12 kota atau kabupaten di Jawa Barat menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional atau parsial. Dua di antaranya adalah Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. PSBB parsial diberlakukan mulai Sabtu

Sabtu (30/05/2020) hingga 12 Juni nanti. Padahal, 1 Juni 2020 libur. Walhasil traveler pun terpaksa bersabar untuk bisa menikmati sejumlah tempat wisata di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung Dadang M. Naser menyebut ada beberapa syarat yang harus diterapkan agar wisata bisa dibuka pada 6 Juni. Ada beberapa syarat protokol kesehatan yang harus ditetapkan untuk menghindari penularan virus Corona di tempat wisata. Salah satunya adalah adanya pembatasan 30 persen jumlah pengunjung yang datang ke tempat wisata tersebut.


Bandung menjadi salah satu destinasi wisata warga ibu kota khususnya Jakarta. Ada beberapa tempat yang menjadi jagoannya Bandung saat liburan tiba. Berikut tempatnya:

1. Ranca Upas


Di Ranca Upas kamu bisa kemping di padang rumput di atas bukit dengan ketinggian sekitar 1700 mdpl. Disebut dengan Kampung Cai Ranca Upas, ini berada di Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat. Tepatnya di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey, Bandung. Jaraknya sekitar 50 KM dari kota Bandung. Objek wisata ini tidak jauh dari Kawah Putih dan Situ Patenggang.

Suhu rata-rata di Ranca Upas sekitar 171 Juni 2020 Libur-20 derajat celcius. Bumi Perkemahan Ranca Upas ini berada di bawah Perusahaan Hutan Indonesia atau PERHUTANI. Tempat kemping ini juga dijadikan sebagai tempat penasaran rusa. Jadi jangan heran ya jika saat kamu menginap di sini, kamu dapat melihat pemandangan rusa yang sedang bermain sambil memakan rumput-rumput.

ranca upasranca upas Foto: Jetrani Reza Dias/d'Traveler

2. Museum Geologi Bandung


Jika kalian sedang merencanakan liburan ke Bandung dan tidak ingin wisata yang itu-itu saja, kalian bisa memasukkan Museum Geologi Bandung ke dalam daftar tempat wisata yang akan dikunjungi.

Gedung Museum Geologi Bandung terdiri dari dua lantai yang masing-masingnya terbagi menjadi tiga ruang pamer. Di lantai satu ada tiga ruang utama yaitu ruang orientasi di bagian tengah, ruang sayap barat dan ruang sayap timur.

Sedangkan lantai dua terdiri dari tiga ruang utama yaitu ruang barat, ruang tengah dan ruang timur. Perlu dicatat bahwa ruang barat ini merupakan ruangan khusus untuk staf museum.

Setiap ruangan di museum ini menampilkan berbagai macam koleksi, seperti batuan, mineral, meteroit, fosil dan artefak. Tapi ada beberapa daya tarik utama yang paling menarik perhatian yaitu fosil manusia purba Homo erectus, fosil gajah purba Stegodon trigonocephalus dan replika fosil dinosaurus paling ganas Tyrannosaurus rex.

Museum Geologi Bandung terletak tidak jauh dari ikon-ikon wisata Kota Bandung seperti Gedung Sate, Lapangan Gasibu, dan Taman Lansia. Tepatnya di Jl. Diponegoro No.57, Kota Bandung.

3. Ciwidey Valley Resort


Mau mencoba menikmati pemandian air panas di Bandung? Langsung saja datang ke Ciwidey. Di sini anak-anak hingga orang desa dapat menikmati berbagai fasilitas menarik seperti restoran, taman burung hingga area camping dan cottage.

Tempat wisata di LembangFarmhouse, Lembang Foto: (cerita.mamiyu/d/Traveler)

4. Farmhouse Lembang


Grafika Cikole nuansa Eropa bisa kamu temui jika berkunjung di Farmhouse Lembang Bandung. Bahkan sejumlah bangunan yang ada di Farmhouse sengaja dibangun dengan bentuk bangunan khas Eropa abad pertengahan.

Sesuai dengan namanya lokasi ini sejatinya sebenarnya sebuah peternakan dan pusat pengolahan susu yang nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat ataupun para pengunjung.

Kebanyakan pengunjung yang datang ke Farmhouse Lembang tujuannya adalah foto-foto atau menikmati makanan yang ada di sana. Selain itu kamu juga bisa menikmati petualangan asyik seperti halnya rumah. Bagi kamu yang ingin mengisi waktu keluarga bersama anak-anak juga bisa menikmati pemandangan atau susu segar, sembari duduk-duduk dan jangan lupa untuk membawa jaket karena memang cukup dingin dan anginnya kencang.

5. Orchid Forest Cikole


Pecinta bunga anggrek? wajib datang ke sini. Tempat yang dikelilingi oleh hutan Pinus ini berada di lahan 14 hektare yang terdapat koleksi 157 anggrek langka dari seluruh dunia. Di sini pengunjung bisa mempelajari cara budidaya anggrek dan membelinya langsung.

Tempat wisata di LembangThe Lodge Maribaya. Foto: Yudha Maulana/detikcom

6. The Lodge Maribaya Lembang


The Lodge Maribaya Bandung masih bisa dibilang sebagai tempat wisata yang baru di Lembang. Tempatnya instagrammable karena kelilingi oleh pegunungan dengan hutan pinus yang khas, udara, dan suasana yang segar banget.

Pengunjung juga bisa melakukan berbagai akitivitas seperti camping, trekking, atau hanya sekadar refreshing menikmati kuliner.

7. Grafika Cikole


Grafika Cikole merupakan kawasan wisata terpadu yang berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu. Tempat ini berada di Jalan Raya Tangkuban Perahu Km 8, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Tempat wisata ini berada di areal perbukitan seluas 9 hektare dan berada pada ketinggian 1.400 meter di atas permukaan air laut serta dikelilingi kawasan Wisata Hutan Pinus yang lebat. Kekinian banget tempatnya.

Kamu bisa berfoto hingga menikmati outbond di sini.

Situ CileuncaSitu Cileunca Foto: (Yusnaeni/d'Traveler)

8. Situ Cileunca


Salah satu tempat wisata di Bandung yang bisa kamu kunjungi adalah Situ Cileunca. Tak salah rasanya banyak orang Bandung menjuluki kotanya ini sebagai salah satu kota romantis. Ada banyak destinasi atau tempat wisata yang menawarkan atmosfer menghipnotis. Di sisi lain nikmat rasanya jika kamu mengunjungi tempat ini bersama keluarga. Dijamin seru!

Situ Cileunca merupakan salah satu lokasi wisata yang terkenal akan keromantisannya. Tempat ini hampir serupa dengan kebun teh Pangalengan. Pemandangan serta area wisata yang sangat natural dan menyenangkan menjadi daya tarik tersendiri tempat ini.

9. Bird Pavilion

Nah, tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk anak-anak. Taman ini memiliki sekitar 600 ekor burung yang terbagi menjadi lima kawasan sangkar besar. Bird Pavilion terletak di Komp. Pramestha Montain City tepatnya di Jalan Akaza Utama, No. 9, Mekarwangi, Lembang.

Pemprov Jabar akan meluncurkan museum Gedung Sate pada Jumat (8/12/2017). Beragam informasi tentang sejarah Gedung Sate tersaji dalam museum tersebut.Museum Gedung Sate. Foto: Mukhlis Dinillah

10. Museum Gedung Sate


Pada saat berkunjung ke kota Bandung, tentu wisatawan dari luar kota tidak akan melewatkan untuk mampir sejenak dan berfoto di depan Gedung Sate, kantor Gubernur Jawa Barat yang juga merupakan landmark kota Bandung.

Di museum ini pengunjung bisa menikmati Interactive 3D Scale Model of Gedung Sate, Interactive Glass Display, Hologram, dan Wall Video Mapping.



Simak Video "Semenit Rindu: Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA