Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Jun 2020 15:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

11 Destinasi Wisata di Tawangmangu (Bagian I)

Femi Diah
detikTravel
Jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang, Karanganyar, Senin (31/12/2018).
Cemoro kandang menjadi salah satu destinasi wisata di Tawangmangu. (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Karanganyar -

Tawangmangu di Karanganyar, Jawa Tengah tengah trending di dunia maya saat ini. Daerah ini memiliki cukup banyak spot wisata. Hawa sejuk di daerah itu dan beragam pilihan penginapan menjadikannya tempat wisata favorit bagi pelancong.

Tawangmangu merupakan kawasan paling timur Kabupaten Karanganyar, yang dulu masuk Keresidenan Surakarta. Lokasi itu berbatasan dengan Megetan, Jawa Timur dan menjadi salah satu jalur untuk potong jalur ke Jatim. Tapi, jalanan berkelok dan tanjakan membuat mereka yang cuma ingin melintas lebih memilih melewati Sragen untuk menuju kota-kota di Jatim. Untuk yang melancong dan ingin jalan-jalan santuy, Tawangmangu akal jadi pilihan.

Sebagai tempat dengan ketinggian yang lumayan, di kaki Gunung Lawu, Tawangmangu memiliki udara sejuk. Kawasan itu juga sudah dibangun sebagai tempat untuk pelesiran sejak zaman Belanda.

Tapi, moda transportasi tak banyak tersedia bagi pelancong dari Solo. Hanya ada bus dari Terminal Tirtonadi di Solo untuk menuju Tawangmangu.

Padahal destinasi wisatanya amat beragam. Air terjun Grojogan Sewu, Taman Wisata Balekambang, Bukit Sekipan, Pasar Tawangmangu yang menawarkan aneka buah lokal dan jadah bakar, juga Lawu Park, dan Cemoro Kandang sebagai titik start pendakian Gunung Lawu dan terdapat Bukit Sakura.

Di dekat-dekat Tawangmangu pun tersedia cukup banyak pilihan wisata. Di antaranya Kebun Teh Kemuning, juga Candi Cetho, Candi Sukuh, dan Rumah Atsiri Indonesia.

Berikut 11 destinasi wisata di Kecamatan Tawangmangu:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6

BERITA TERKAIT