Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Jun 2020 23:27 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Ice Cream Legendaris Jakarta, Mana Favoritmu?

Femi Diah
detikTravel
Es Krim Klasik Tjanang
Ice cream Tjanang salah satu ice cream legendaris di Jakarta. (dok. detikcom)
Jakarta -

Saat menjajal kuliner legendaris DKI Jakarta, empat ice cream ini tak bisa dilewatkan. Kedai ice cream Ragusa, Tropik, Tjanang, Baltic, dan Lind's, mana favorit traveler?

Ice cream merupakan kudapan baru di Indonesia. Jajanan itu muncul sekitar awal tahun 1900-an.

Dari kedai-kedai ice cream yang dibangun pada tahun-tahun itu, sebagian bertahan namun tak sedikit yang kalah oleh zaman.

Wisata Kreatif Jakarta mengajak traveler untuk menyambangi kedai ice cream legendaris itu. Tur dipandu oleh pendirinya, Ira Latief.

[Gambas:Instagram]





"Sebuah restoran atau tempat jajan disebut legendaris kalau bisa bertahan lebih dari 20 tahun," kata Ira.

Berikut 5 kedai ice cream legendaris di Jakarta:



1. Restoran Tropik

Restoran Tropik didirikan pada tahun 1950-an di Pasar Baru, Jakarta Pusat. Ira bilang awalnya kedai itu betul-betul hanya menyediakan ice cream, namun kini menu makan besar juga ditawarkan, misalnya mi yamin, mi pangsit dan laksa.

Pemiliknya Mayti Imelda merupakan generasi kedua. Dia putri dari pendiri Restoran Tropik, Hartono.

"Restoran ini ada di Pasar Baru, Jakarta Pusat. Restorannya rada-rada nyaru, enggak ada papan namanya. Pada masa kejayaannya sangat terkenal sebagai es krim favorit warga Jakarta. Saat itu, di tahun 1970-an Pasar Baru menjadi tempat belanja favorit warga Jakarta dan main ramai menjelang Lebaran, Tahun Baru, Natal," ujar Ira.

"Ice cream di sana racikannya homemade, biasanya es krim homemade tanpa pengawet. Pilihan ice cream di sana itu beraneka cita rasa buah-buahan," Ira menambahkan.


2. Ragusa Es Italia


Sejak dipasarkan di Pasar Gambir, yang merupakan cikal bakal Pekan Raya Jakarta (PRJ) pada 1930-an, Ragusa Es Italia langsung menjadi favorit warga Jakarta. Es krim itu dikenalkan oleh dua orang berkebangsaan Italia yang bernama Luigi Ragusa dan Vincenzo Ragusa.

Es krim ragusaEs krim ragusa Foto: (Elvina Herdiani/d'Traveler)


"Waktu itu, ice cream masih jarang makanya laku keras saat mereka buka lapak di Pasar Gambir itu," kata Ira.

Karena Pasar Gambir itu buka sebulan sekali, dalam prosesnya Ragusa bersaudara mendirikan kafe. Tapi, kemudian mereka harus pulang ke negaranya dan menyerahkan kafe itu kepada salah satu Tionghoa yang hingga kini menjadi pemilik kedai ice cream itu.

Kedai Ragusa Es Italia yang ada di Jl Veteran 1 Gambir, Jakpus itu dikelola oleh generasi kelima.

"Suasana kedai itu masih jadul banget, ada foto-foto zaman dulu," kata Ira.

"Tapi, sejak lima tahun terakhir, penyajian ice cream di Ragusa tidak seperti dulu dengan mangkuk beling sehingga penampilannya cantik. Belakangan wadahnya berganti kemasan sekali pakai," ujar Ira.

Selanjutnya
Halaman
1 2

BERITA TERKAIT
BACA JUGA