Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Jun 2020 12:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

6 Aturan Berkunjung ke TMII yang Akan Buka Hari Ini

Putu Intan
detikTravel
Libur akhir tahun dimanfaatkan warga untuk berkunjung ke berbagai objek wisata. Salah satunya adalah TMII yang mulai ramai jelang malam tahun baru.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Sejumlah tempat wisata di DKI Jakarta dibuka kembali mulai 20 Juni 2020, tak terkecuali Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Nah, sebelum berkunjung ke TMII ada beberapa aturan yang perlu traveler perhatikan karena saat ini kita masih menghadapi pandemi COVID-19.

Dirangkum detikcom, inilah 6 aturan tersebut. Disimak, ya!

1. Pengunjung yang Boleh Masuk

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga dipenuhi pengunjung di hari kedua Lebaran, Kamis (6/6/2019). Pihak pengelola TMII menyebut setidaknya ada 35 ribu warga yang masuk TMII.Ilustrasi pengunjung TMII. Foto: Grandyos Zafna

Sesuai dengan SK Disparekraf dan Peraturan Gubernur DKI Jakarta, jumlah pengunjung tempat wisata dibatasi menjadi 50 persen dari kapasitas saat destinasi itu penuh. TMII yang biasanya mampu menerima 40.000-50.000 pengunjung, mulai 20 Juni nanti hanya menerima maksimal 20.000 pengunjung.

Pengunjung yang diperbolehkan masuk adalah yang berusia di atas 5 tahun. Kemudian lansia yang berusia di atas 60 tahun dan ibu hamil dilarang masuk. Selain itu, TMII juga belum menerima kunjungan rombongan siswa sekolah.

2. Pengunjung Akan Diperiksa Suhu Tubuhnya

Para pengunjung dan petugas di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat diperiksa suhu tubuhnya saat akan memasuki gedung. Hal itu dilakukan guna cegah penyebaran coronaIlustrasi pengecekan suhu tubuh. Foto: Ari Saputra

Setiap pengunjung yang datang baik dengan berjalan kaki, mengendarai motor dan mobil, akan diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas. Suhu tubuh pengunjung tidak boleh lebih dari 37,3 derajat celcius. Apabila suhunya melebihi batas tersebut, petugas akan melakukan tindakan khusus.

"Suhu 37,3 kalau lebih dari itu kita harus istirahatkan dulu, kemudian 5-10 menit lagi kita periksa ulang. Kalau sudah normal, di bawah 37,3 boleh dipersilahkan masuk," kata anggota Tim Operasional Protokol Pencegahan COVID-19 di TMII, dr. Radwia Siyamiati.

Namun apabila suhu tubuh pengunjung tak kunjung turun dan mengarah ke gejala COVID-19, TMII juga telah menyediakan pos kesehatan dan memfasilitasi pengunjung untuk dirujuk ke rumah sakit terdekat.

"Misalnya ada pengunjung yang diperiksa suhu badannya di atas 37,3 derajat celcius lalu setelah diperiksa ulang suhunya tidak turun juga, kita ada pos kesehatan siaga COVID di parkir utara dekat Tugu Api Pancasila dan kita siapkan juga ruang isolasi sementara. Sifatnya untuk mengisolasi kalau ada pengunjung yang mengarah gejala ke COVID. Kita juga bekerja sama dengan RSUD Cipayung dan RS Ridwan Meuraksa untuk evakuasi pasien," ujar dia.

3. Kendaraan akan Disemprot Disinfektan

Petugas pemadam kebakaran melakukan penyemprotan disinfektan di Kawasan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (10/6/2020). Penyemprotan ini dilakulan sebelum rencana pembukan kembali taman mini. Taman Mini Indonesia Indah akan membuka kembali pintunya bagi wisatawan. Rencananya, TMII akan dibuka pada 20 Juni 2020.Petugas pemadam kebakaran melakukan penyemprotan disinfektan di Kawasan Taman Mini Indonesia Indah. Foto: Agung Pambudhy

Mobil dan bus akan disemprot disinfektan di pintu masuk TMII baik di pintu 1 maupun pintu 3.

4. Pembayaran dengan Non Tunai

cashlessIlustrasi cashless. Foto: shutterstock

TMII mulai memberlakukan pembayaran non tunai (cashless) baik di pintu masuk maupun di wahana. Pengunjung dapat terlebih dahulu membeli tiket secara online melalui situs ticket.tamanmini.com dan melakukan pembayaran secara transfer. Harga tiket masuk adalah Rp 20.000 untuk segala usia.

Namun bila pengunjung membeli tiket secara tunai di hari kedatangan juga tetap akan dilayani dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Nantinya uang dari pengunjung juga akan disterilisasi menggunakan mesin UV.

5. Wajib Memakai Masker dan Rajin Cuci Tangan

Persiapan New Normal TMIIWastafel disediakan TMII untuk pengunjung mencuci tangan. Foto: Putu Intan/detikcom

Pengunjung TMII diwajibkan untuk mengenakan masker selama berwisata. Selain itu TMII juga mengajak pengunjung untuk rajin mencuci tangan agar tetap bersih. Mereka telah menyediakan wastafel lengkap dengan sabun di sejumlah titik. Kemudian bagi pengunjung yang tidak bermasker, TMII juga akan memberikan masker untuk mereka.

6. Perubahan Jam Kunjungan

Jelang Tahun Baru 2019 di TMIIPintu masuk TMII. Foto: (Randy/detikTravel)

Mulai 20 Juni, TMII akan buka pukul 08.00-16.00 WIB. Wahana yang dibuka pada tahap pertama ini hanyalah anjungan daerah, taman-taman, dan museum.



Simak Video "TMII Dibuka, Sejumlah Pengunjung Gunakan Face Shield"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA