Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Jun 2020 12:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bekas Pabrik Gula yang Jadi Rest Area Instagramable

Rest area di Brebes.
Foto: (msyamsiyatus/d'Traveler)
Brebes -

Nama Rest Area KM 260B Banjaratma di Brebes tentu sudah familiar di kalangan traveler. Namun, dahulu rest area ini merupakan ex pabrik gula.

Rest area ini merupakan bangunan yang dulunya beroperasi sebagai Pabrik Gula Banjaratma yang didirikan pada tahun 1908. Tahun 1997 merupakan tahun terakhir pabrik gula ini beroperasi. Setelah puluhan tahun mangkrak kini bangunannya dimanfaatkan sebagai rest area yang keren.

Rest area KM 260B Banjaratma ini berlokasi di Cipugur, Banjaratma, Kec. Bulakammba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tepatnya di Tol Pejagan - Pemalang KM 260B. Bangunan ini memiliki daya tarik tersendiri, karena konsep bangunan jaman Belanda yang masih asli dan tidak diubah.

Banyak orang yang mengira arsitekturnya sengaja dibuat seperti bangunan kuno, padahal bangunan ini adalah asli bekas pabrik gula peninggalan Belanda. Bahkan masih ada loko kereta uap, mesin pabrik gula yang masih dipertahankan dan sekarang dijadikan tempat foto para pengunjung.

Bukan hanya spot foto yang Instagramable, tetapi juga banyak jajanan UMKM untuk mengisi perut pengunjung yang sedang mampir ke rest area. Rest area ini juga dilengkapi dengan masjid yang di dalamnya memiliki kolam ikan yang menambah kesan sejuk.

Rest area di Brebes.Dahulu merupakan bekas pabrik gula (msyamsiyatus/d'Traveler)

Rest area ini bukan hanya diperuntukkan untuk yang melakukan perjalanan di tol, tapi masyarakat sekitar juga bisa masuk lho. Untuk yang ingin masuk bukan dari arah tol, pengunjung bisa masuk melewati pemukiman warga dan parkir di luar rest area. Jangan khawatir, tidak jauh kok dari rest area dan tempat parkirnya juga bukan hanya mobil saja tapi juga untuk pengendara motor.

Untuk masuk rest area ini pengunjung tidak dikenakan biaya masuk lho. Pengunjung hanya membayar parkir kendaraannya saja. Apakah kalian tertarik untuk ke rest area ini? Masih banyak hal-hal menarik!

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Melly Syamsiyatus Shobah dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Melihat Hancurnya Jembatan Kereta Api di Brebes"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA