Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Jun 2020 15:37 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mau Wisata Bogor? Ini Gunung Munara yang Kecil-Kecil Cabe Rawit

Gema Bayu Samudra
detikTravel
Gunung Munara Bogor
Wisata Bogor? Ke Gunung Munara yuk! Foto: (Gema Bayu Samudra/d/travelers)
Bogor -

Ungkapan kecil-kecil cabe rawit paling pas untuk menyebut Gunung Munara. Ukuran gunung yang jadi tempat wisata Bogor ini tak begitu tinggi namun menguras tenaga untuk sampai ke atas.

Berlokasi di Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, wisata Bogor ini cocok untuk traveler yang suka mendaki. Ketinggian Gunung Munara hanya mencapai 1119 Mdpl, namun benar-benar benar-benar menguras tenaga, karena medannya yang terjal dan berbatu. Pada awal pendakian cukup menyenangkan, kita akan melewati rumah-rumah warga dan jembatan sungai, perjalanan masih landai.

Tapi setengah jam kemudian jalannya menjadi terjal. Walau berjarak 1-2 jam untuk sampai puncak, kita akan menemukan jalanan landai di Gunung Munara.

Tanjakan yang terjal dan berbatu bisa diibaratkan tanjakan setan di Gunung Gede atau tanjakan bapak tere di Gunung Ciremai, usahanya sama-sama harus melangkah lebih jauh dan tinggi. Ini hal yang paling dibenci pendaki karena hanya naik beberapa meter saja langsung ngos-ngosan.

Hal yang lebih ekstrem adalah saat mendekati puncak, ternyata puncaknya merupakan tebing yang lebih curam, saking curamnya disediakan tali tambang. Perlu kehati-hatian, saat sampai puncak pun jangan pecicilan karena tempatnya yang begitu sempit dan terbatas.

Pemandangan dari puncak sangat eksotis, hutan yang kita lewati terlihat, sawah-sawah, rumah-rumah warga, danau, dan tebing. Pesona wisata Bogor satu ini memang tidak mengkhianati usaha keras kita.

Gunung Munara BogorGunung Munara Bogor Foto: (Gema Bayu Samudra/d/travelers)

Untuk mendapatkan foto yang bagus ini cocok banget buat kalian yang tidak punya banyak waktu dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, one day one hiking Gunung Munara bisa menemani akhir pekan kamu. Ditambah biaya masuk, wisata Bogor Gunung Munara juga tidak akan membuat kantong kamu kering, hanya Rp 10.000 dan parkir Rp 5.000.

---

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Gema Bayu Samudra dan sudah tayang di d'Travelers Stories.



Simak Video "Penginapan dengan Tema Nuansa Kearifan Lokal di Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT